DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Cara Membangun Pasukan Reseller

Cara Memperoleh Ribuan Database Calon Reseller Secara Gratis

Pada Bab ini Anda akan melakukan langkah pertama dalam membangun pasukan reseller. Yakni bagaimana mempersiapkan Media yang akan menjadi sarana Anda untuk merekrut reseller.

Sama dengan dalam mendapat banyak penjualan, untuk memperoleh banyak reseller pun memiliki formula yang sama yaitu: 

 

Semakin banyak DATABASE  yang dimiliki maka semakin banyak RESELLER  yang akan direkrut.

 

Maka dalam membangun pasukan reseller pun berlaku formula yang sama. Dimana semakin banyak Anda memiliki prospek, maka semakin banyak juga jumlah reseller yang akan Anda rekrut.

Misalnya saja, Anda ingin merekrut 100 Reseller, maka minimal Anda harus menyebarkan info tersebut ke lebih dari 100 orang., betul?

Bahkan seharusnya jumlah prospek yang dimiliki harus berjumlah 10 kali lipat dari target yang ingin direkrut.

Misalnya target 10 orang maka prospeknya minimal 100, begitu juga jika targetnya 100 orang maka prospeknya minimal harus 1000 orang dan seterusnya.

Masuk akal kan?

Nah pertanyaannya adalah bagaimana Anda bisa menemukan 1000an orang yang akan menjadi reseller Anda tersebut.

Jika mengandalkan database Anda yang sudah ada, mungkin tidak akan sebanyak itu yah.

Oleh karena itu kita membutuhkan media lain untuk mendapatkan calon reseller sebanyak itu.

Media itu adalah social media dan social messenger, kedua media ini perlu Anda maksimalkan untuk memperoleh ribuan hingga puluhan ribu database.

Maka dari itu, bab ini sangat penting sekali Anda pelajari sebelum melakukan rekrutmen pasukan reseller.

Mengapa bisa penting, karena menurut pengakuan yang sudah mengikuti training kami (Melipatgandakan Omset dengan Membangun Tim Reseller) rata-rata memiliki kendala yang sama.

Yakni sedikit sekali yang mau bergabung menjadi pasukan resellernya.

Banyak yang setelah melakukan rekrutmen, hanya dapat menjaring belasan reseller saja dan itu pun hanya beberapa orang yang aktif jualan.

Anda memiliki masalah yang sama? Maka sangat tepat sekali Anda membaca bab ini.

Bayangkan jika Anda hanya memiliki 10 reseller, tapi hanya 3 yang jualan, tentunya akan kurang maksimal yah.

Tapi sekarang jika Anda memiliki 1000 reseller, ya walaupun hanya 30% yang aktif, yakni 300 orang, tentunya hasilnya akan lebih besar yah.

Nah sayang di waktu dan tenaga kan, upaya Anda dalam membina sedikit dan banyak reseller tentunya akan sama saja lelahnya, lakan tetapi berbeda dalam hasilnya.

Setelah di cek, ternyata kendalanya memang pada media dimana ia menyebar informasi tersebut, leads database-nya masih sedikit.

Tentunya akan berbeda hasilnya jika Anda menyebar info rekrutmen pada Facebook Personal yang sudah memiliki 5000 friend, Facebook Group yang memiliki ribuan member, kontak whatsapp dengan ribuan nomor, Instagram dengan ribuan follower atau Telegram Channel yang berisi ribuan subscriber juga.

Oke kita langsung saja yah, mempelajari bagaimana memperbanyak prospek dengan media online di atas agar lebih banyak menjaring reseller yang banyak sekaligus.

 

MERAIH RIBUAN RESELLER DENGAN CARA GRATISAN

Buat Apa Bayar Kalau Bisa Gratis?

 

Hayo… siapa yang setuju dengan pernyataan di atas? Hehe

Siapa sih yang ngga seneng sama gratisan, apalagi dari yang gratisan itu bisa memberikan penghasilan yang berlipat-ganda, betul?

Termasuk dalam merekrut reseller, Anda bisa memilih untuk menggunakan media berbayar, gratisan atau bahkan keduanya.

Semuanya dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing untuk memilih jenis media yang mana, PAID (berbayar) atau ORGANIC (gratisan).

Nah pada dasarnya sih ngga ada hal yang gratis di dunia ini, kalau kata pepatah orang di kampung saya mah “there is no such free lunch” tidak ada yang namanya makan siang gratis. 

Hanya saja berbeda saja dari jenis investasi yang dikeluarkan. Jika pada media berbayar Anda diminta untuk berinvestasi uang, sementara pada media gratisan Anda diminta untuk berinvestasi ketekunan dan konsistensi.

Keduanya dapat menghasilkan dengan maksimal, tentunya dengan polanya masing-masing. Yuk langsung aja kita bahas satu persatu medianya.

 

5 MEDIA REKRUTMEN AMPUH DAN GRATISAN

Media organik atau gratisan, bukan berarti kita tidak keluar modal sedikit pun untuk memperoleh database.

Gratisan disini maksudnya dalam menggunakan media tersebut tidaklah dipungut biaya apapun, asal kita punya kuota internet atau numpang wifi gratisan, tetap bisa digunakan.

Contohnya Facebook, Instagram, Whatsapp dan Telegram. Berikut ini saya berikan tips dan trik bagaimana memaksimalkan media-media tersebut, check this out…

 

1. Facebook Personal 

Media ini mungkin hampir dimiliki oleh banyak orang di muka bumi ini, sehingga ada anekdot yang muncul mengatakan bahwa beberapa orang bisa jadi tidak punya KTP atau SIM tapi dia pasti punya akun facebook.

Bahkan di Indonesia saja penggunanya sudah tercatat hingga ratusan juta jiwa.

Potensi inilah yang sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja tanpa memanfaatkannya untuk penjualan.

Memaksimalkan Facebook personal dalam merekrut reseller merupakan hal yang patut Anda pertimbangkan pertama kali.

Hal tersebut dikarenakan pola dalam mengoptimalkannya termasuk kategori mudah. Sehingga bisa dilakukan oleh emak-emak yang gaptek sekalipun,

Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda siapkan sebelum merekrut Reseller dengan Facebook Personal:

  • Perhatikan Profil Facebook, gunakan nama asli, foto asli dengan pakaian yang sopan, foto cover yang menarik, dan deskripsi diri yang cukup jelas dan menjual. Jangan gunakan foto produk dan nama toko yah, karena siapa yang mau berteman dengan toko di Facebook?
  • Perbanyak Pertemanan, rutin tambahkan pertemanan hingga batas 5000 orang, tujuannya agar postingan Anda dapat dibaca lebih banyak orang. Selingi penambahan teman dengan aktifitas interaksi agar akun Anda tidak diblokir FB.
  • Pertemanan Tertarget, selain banyak pertemanan Anda juga haruslah tertarget yang sekiranya akan membutuhkan produk yang Anda pasarkan secara spesifik. Anda bisa cari teman yang tertarget melalui grup-grup FB dimana target market Anda berkumpul.
  • Posting Tulisan yang menarik, bisa tips, trik, kata mutiara, motivasi, sapaan, humor dan lain-lain. Tujuannya agar banyak orang yang senang berkunjung pada profil Anda. Jika ada dari mereka yang share postingan Anda, tentunya makin banyak yang ingin berteman dengan Anda.
  • Rutinkan interaksi, berikan balasan pada komentar di status Anda, jika teman Anda ada yang membuat status berikan like dan komentar juga, agar mereka mengenal Anda dengan baik. Jika Anda rutin melakukan hal tsb, maka begitu juga orang lain akan melakukan yang sama.
  • Lakukan secara Konsisten, jika diperlukan buat jadwal dan persiapkan konten yang akan di posting dengan terencana.

Terapkan tips-tips di atas jika Anda ingin memiliki akun facebook personal yang dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan penjualan termasuk dalam merekrut reseller.

 

2. Facebook Group

Media gratisan berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan untuk merekrut reseller sebanyak-banyaknya adalah Facebook Group.

Berbeda dengan facebook personal, facebook group berbentuk seperti komunitas atau wadah yang berisi orang-orang yang memiliki kesamaan minat atau ketertarikan pada tema grup tersebut.

Misalnya Facebook Group Sekolah Selling ( http://bit.ly/GroupBelajarBisnis ) berisikan orang-orang yang tertarik dengan ilmu bisnis yang dibagikan oleh Hermas Puspito, Nur Ahmad Faizi dan para mentor lainnya dari Ednovate.

Media ini sangat efektif sekali untuk mengumpulkan banyak prospek tertarget sekaligus untuk mengedukasi mereka tentang produk yang Anda pasarkan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk membesarkan Facebook Group yang Anda miliki:

  • Tentukan tema dan nama facebook group Anda sesuaikan dengan produk yang Anda jualkan.
  • Add friend secara rutin hingga 3000 member, bisa didapat dari pertemanan FB personal Anda.
  • Konsisten posting konten bermanfaat minimal 1 hari 1 konten, tentunya lebih banyak dan berkualitas lebih baik.
  • Promosikan Facebook Group Anda disetiap akun sosial media atau sosial messenger agar banyak yang bergabung.
  • Bangun interaksi dengan anggota grup dengan membalas komentar mereka dan buat postingan yang mengundang interaksi mereka.
  • Lakukan secara rutin kesemua tips di atas secara konsisten.

Salah satu kelebihan Facebook group dengan personal adalah jumlah membernya tidak terbatas hingga 5000, tapi bisa hingga puluhan ribu bahkan lebih.

Selain itu juga, Anda bisa mengatur agar para anggota juga bisa menambahkan anggota lain, sehingga pertambahannya akan bisa lebih besar lagi.

Sehingga bisa berpotensi merekrut lebih banyak reseller lagi jika dimanfaatkan dengan maksimal.

 

3. Instagram

Media ini sangat cocok digunakan jika target market Anda adalah kalangan usia muda dan para wanita.

Penggunanya pun sangat banyak sekali, jika sudah tau polanya berjualan di instagram akan sangat menghasilkan. Termasuk saat merekrut reseller pun dapat menggunakan media ini.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan instagram menurut mba Indri Ambar Pratiwi di bukunya Closing Setiap Hari dari Instagram:

 

  • Perbanyak follower dengan menggunakan teknik follow dahulu, tunggu follow back setelah itu di unfollow (agar follower lebih banyak dibanding following).
  • Follow target market Anda, sesuaikan dengan produk yang akan Anda tawarkan, spam likes sebelum follow bisa memperbesar kemungkinan Anda di follow back.
  • Rutin posting setiap hari minimal 3 gambar yang menarik (tidak melulu produk) bisa gambar kata mutiara, motivasi, tips, humor, fakta menarik dll.
  • Gunakan gambar yang berkualitas, jelas alias tidak buram, tidak gelap, tidak terlalu jauh objek utamanya.
  • Posting sekaligus tiga gambar sekaligus agar fit, sehingga instagram terlihat lebih rapih
  • Buat caption yang menarik dan jelas, lengkapi dengan call to action bisa tentang cara order dan nomor kontak yang bisa dihubungi.
  • Gunakan funnel hashtag, lengkapi caption dengan hashtag yang relevan dan banyak dicari, agar yang bukan follower tetap bisa menemukan postingan Anda.

Konsisten melakukan tips di atas, akan membuat instagram Anda banjir orderan meski tanpa banyak follower.

 

Kuncinya pelajari terus polanya dengan belajar dan praktek secara rutin. Selain mendapat orderan Anda juga bisa merekrut lebih banyak reseller dengan media ini.

 

4. WhatsApp

Setelah sebelumnya kita menggunakan media sosial, kali ini kita akan menggunakan jalur sosial messenger atau media chatting Whatsapp.

Media ini digunakan oleh banyak sekali orang dikarenakan fiturnya yang lengkap, tanpa ada iklan (seperti di internet/aplikasi lain), dan hemat (budget) kuota.

Whatsapp bahkan bisa menggeser penggunaan SMS dalam mengirim pesan singkat yang sudah digunakan sejak zaman handphone ada.

Berikut ini yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan Whatsapp sebagai media promosi Anda:

  • Perbanyak database nomor kontak Whatsapp dari calon prospek Anda, maksimalkan sosial media untuk mempromosikan kontak Whatsapp Anda.
  • Whitelisting nomor kontak prospek dengan meminta mereka menyimpan nomor Anda, hal ini berguna agar mereka dapat menerima broadcast (pesan siaran) yang nanti Anda kirim.
  • Buat daftar broadcast nomor prospek Anda untuk mengirimkan konten edukasi produk, interaksi, atau promosi dari produk Anda.
  • Arahkan ke grup whatsapp, selain broadcast cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan metode kuliah whatsapp, prinsipnya sharing-sharing baru selling.
  • Rutinkan update status whatsapp tentang bisnis Anda, bisa juga gambar promosi dari produk Anda.

Sama seperti sebelumnya lakukan secara rutin semua langkah di atas untuk hasil yang maksimal. Lebih lengkapnya bisa Anda pelajari di buku Banjir Orderan Modal Whatsapp.

Setelah memiliki banyak ratusan prospek di Whatsapp, Anda akan lebih mudah merekrut banyak reseller hanya dengan menyebar informasi rekrutmen dengan broadcast atau posting di grup prospek Anda.

 

5. Telegram

Social Messenger berikutnya yang Anda dapat maksimalkan adalah telegram.

Memiliki fitur yang hampir mirip dengan Whatsapp bahkan lebih, membuat beberapa orang mengunakan Telegram untuk keperluan tertentu.

Salah satunya adalah sebagai media sharing satu arah yang disebut channel Telegram.

Selain channel Telegram, sebenarnya Anda juga bisa menggunakan fitur grup seperti yang ada di Whatsapp.

Namun karena open rate telegram kecil (jarang dibuka) efektifitasnya menjadi kurang. Postingan Anda keburu tertutup oleh chat member yang lain sehingga tidak terbaca bagi yang telat menyimak.

Sehingga channel telegram menjadi pilihan media yang lebih baik dibanding grup telegram.

Nah berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memperbanyak subscriber di channel Telegram Anda :

  • Berikan judul channel yang menarik sesuai dengan produk yang Anda pasarkan, orang-orang senang menyimak sharing bermanfaat di channel Telegram jadi buat judul dan link-nya dengan tema tersebut.
  • Gunakan berbagai social media atau messenger Anda untuk menyebar link channel telegram Anda, infokan hal menarik apa yang akan Anda bagikan melalui channel tersebut.
  • Rutin berbagi, tentukan hari dan jam Anda sharing rutin agar para subscriber membuka telegramnya saat Anda sharing.

Lakukan kesemua tips di atas secara konsisten hingga channel telegram Anda menembus 3000an member untuk hasil yang maksimal.

Karena channel telegram merupakan media komunikasi satu arah, saat Anda menjual produk atau rekrutmen reseller di media tersebut Anda bisa arahkan prospek untuk menghubungi Anda via media lain, seperti whatsapp atau link menuju landing page/website Anda.

Nah itu dia beberapa media gratisan yang dapat Anda maksimalkan untuk merekrut reseller sebanyak-banyaknya.

Sekali lagi, seperti yang saya sampaikan di awal untuk memaksimalkan media ini mungkin Anda tidak harus mengeluarkan banyak biaya, selain kuota internet regular saja.

Namun, masih ada harga yang harus Anda bayar yaitu konsistensi dan ketekunan. Karena tanpa keduanya, sudah dijamin Anda tidak akan dapat mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pada bab berikutnya Anda akan mempelajari tentang bagaimana menggunakan media-media di atas untuk merekrut ribuan reseller.

Jangan Lupa Luangkan 3 Detik Untuk SHARE Materi ini.

Siapa tau 1 klik yang Anda lakukan adalah pembuka jalan rezeki bagi orang lain.

EDNOVATE 2019. All rights reserved

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Email : [email protected]vate.co.id

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia