10 Aplikasi Edit Video PC Terbaik

10 Aplikasi Edit Video PC – Aplikasi edit video di PC atau komputer biasanya mempunyai sistem requirement yang lumayan tinggi. Jika komputer atau laptop yang kalian pakai mempunyai hardware yang biasa saja, kemungkinan untuk dapat menggunakan aplikasi ini sangat kecil. Bahkan, aplikasi dapat membuat komputer atau laptop kalian menjadi lambat atau bahkan hang.

Walaupun sebagian besar aplikasi untuk mengedit video memiliki syarat yang tinggi. Beberapa aplikasi ada yang membutuhkan sistem ringan sehingga dapat digunakan oleh siapa saja. Untuk mengetahui apa saja aplikasi edit video PC terbaik serta gratis yang dapat kalian gunakan, simak ulasan lengkapnya di bawah berikut ini.

10 aplikasi edit video pc

Pada kesempatan ini Ednovate akan memberikan rekomendasi 10 aplikasi edit video pc, laptop atau komputer yang terbaik serta cocok untuk digunakan oleh pemula dan profesional. Ada beberapa kelebihan serta kekurangan yang perlu kalian ketahui seperti spesifikasi RAM, pas dan tidaknya untuk windows 7, 8 dan 10 serta yang lainnya.

Daftar 10 Aplikasi Edit Video PC

Aplikasi edit video PC ada yang dapat dipakai secara gratis serta ada juga yang berbayar. Untuk mengetahui rekomendasi aplikasi video yang dapat kalian gunakan, silakan kalian simak uraian engkapnya di bawah ini.

1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan sebuah software edit video PC terbaik yang banyak digunakan oleh para editor profesional. Program video editing ini sendiri didevelope oleh perusahaan ternama yaitu Adobe. Adobe Premiere Pro banyak dipakai sebagai aplikasi edit video PC oleh para YouTuber terkenal. Hal ini tidak hanya karena mudah dijalankan namun juga kareana aplikasi ini mempunyai fitur yang lengkap.

Apabila kalian menguasai Adobe Premiere Pro, kalian dapat menyusun video event seperti pernikahan, musik video klip, film, video profil, dan sebagainya secara profesional. Sayangnya untuk bisa menggunakan Adobe Premiere Pro versi terbaru kalian harus mengekuarkan biaya berlangganan per bulan yang bisa bilang agak mahal.

Namun untuk kalian yang menginginkan versi gratis, ada juga software edit video gratis yaitu Adobe Premiere Pro CS2 yang disediakan secara cuma-cuma langsung oleh Adobe.

2. Corel VideoStudo Ultimate

Corel pun mengeluarkan software yang dapat dipakai untuk mengedit video melalui PC. Aplikasi ini dapat kalian pakai secara gratis selama 30 hari. Selanjutnya, kalian harus membayar lisensi sekitar 100 dolar.

Kelebihan dari aplikasi ini ialah banyaknya fitur untuk mengedit video atau gambar dengan sangat baik. Dengan sumber yang seadanya saja, kalian dapat membuat video dengan tampilan yang sempurna.

Jika video yang telah direkam mempunyai kualitas yang kurang bagus seperti agak goyang. Aplikasi ini pun dapat digunakan untuk memperbaiki hal itu sehingga ketika melihat video lebih stabil.

Kelebihan lain dari aplikasi yang satu ini adalah kemampuannya dalam memberikan masking pada sebuah video tertentu. Koleksi yang ada di dalam aplikasi cukup banyak sehingga akan memudahkan kalian dalam mengedit video sesuai dengan kebutuhan.

3. DaVinci Resolve

Jika kalian ingin mencari aplikasi edit video PC gratis yang memiliki fitur mirip seperti Adobe Premire Pro, ada DaVinci Resolve yang sedang naik daun di tahun 2021 ini. Tidak main-main! Aplikasi ini dibuat oleh developer Blackmagic Design yang juga terkenal sebagai produsen kamera DSLR kelas atas!

Aplikasi DaVinci Resolve ini juga dilengkapi dengan banyak fitur yang sangat cocok untuk para editor pemula sampai yang profesional, akan tetapi belum memiliki dana lebih untuk berlangganan. Fitur yang ada di dalam aplikasi ini sangat beragam, mulai dari motion graphicmulticam editionaudio mixing, dan sebagainya yang dapat kalian eksplor sendiri.

4. EaseUS Video Editor

Apabila kalian mencari aplikasi video editor yang simple serta praktis, akan tetapi tetap dilengkapi dengan banyak fitur canggih baik dari segi efek visual ataupun audio, maka saya di sini sangat merekomendasikan EaseUS Video Editor.

EaseUS Video Editor adalah sebauh software all in one yang sangat mudah untuk digunakan dalam banyak keperluan editing mulai dari memotong atau membagi bagian video, menggabungkan, memutar video, memotong ukuran gambar, mengkompilasi klip video, menambahkan efek termasuk transisi, serta grading warna dan masih banyak lagi fitur lainnya dalam aplikasi ini.

Aplikasi keren ini sangat cocok untuk kalian yang ingin membuat beragam jenis video, baik itu video pengajaran, presentasi bisnis, materi training, film, marketing dan lain sebagainya. Kalian pun dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mengedit video, mengonversi video ke MP4, serta keperluan pengeditan video lainnya.

5. Cyberlink PowerDirector

Bagi kalian yang ingin mendownload aplikasi edit video PC ringan dan gratis, saya merekomendasikan Cyberlink PowerDirector yang merupakan milik perusahaan bernama Cyberlink.

Selain bisa melakukan editing video secara manual, kalian pun bisa mengedit menggunakan fitur Express Projects yang memungkinkan kalian untuk bisa mengedit secara cepat. Aplikasi ini juga sangat cocok untuk kebutuhan profesional karena memiliki fitur seperti 360 video editingmotion trackingchroma key, hingga color adjustment. Aplikasi video editing ini hanya membutuhkan minimal RAM 2GB untuk bisa menjalankannya, terutama untuk versi PowerDirector17.

6. iMyFone Filme Video Editor

Untuk dapat menguasai aplikasi editor video ini ada tiga fitur yang perlu kalian pelajari dengan baik. Pertama adalah fast editing. Dengan memakai fitur ini kalian dapat mengedit video dengan cepat dan hasilnya tetap bisa memuaskan.

Fitur selanjutnya adalah basic editing, aplikasi ini menyediakan cukup banyak alat untuk mengedit video seperti memotong video sampai menggabungkan beberapa video serta media menjadi satu. Kalian pun dapat menggunakan template yang telah disediakan di dalam aplikasi.

Terakhir ialah fitur advance editing, dengan memakai fitur ini kalian dapat menambahkan beberapa media ke dalam satu layer yang saling bertumbukan. Dapat menambahkan animasi dan juga narasi ke dalam satu scene video.

7. Wondershare Filmora

Apakah kalian pernah mendengar sebuah aplikasi FilmoraGo, sebuah aplikasi edit video smartphone yang juga tidak kalah populer dibanding Kinemaster? Nah, ternyata developer aplikasi ini pun mempunyai versi untuk desktop bernama Wondershare Filmora dengan banyak kelebihan yang membuatnya berbeda jika dibanding kompetitor.

Aplikasi edit video PC yang satu ini dapat dipakai secara gratis untuk mengakses semua fitur dan plug-in di dalamnya. Ukurannya pun tidak terlalu besar sehingga tidak akan membuat komputer atau laptop kalian menjadi crash. Sayangnya pada versi gratis, video yang kalian render nantinya akan ada watermark yang hanya dapat dihilangkan jika kalian berlangganan Filmora.

8. Apple Final Cut Pro X

Untuk kalian yang memakai Macbook, Apple selaku pengembangan sendiri aplikasi yang dapat dipakai untuk mengedit video. Dengan Apple Final Cut Pro X ini, kalian dapat mengedit video dengan kualitas terbaik secara profesional.

Kelebihan dari aplikasi yang satu ini adalah ada banyak fitur premium yang diberikan. Hanya dengan berbekal satu buah aplikasi ini saja kalian suda dapat mengedit video dengan baik. Bahkan kalian juga dapat membuat semacam film pendek.

Seperti halnya produk Apple yang lainnya, aplikasi ini dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Untuk dapat membeli lisensi satu visi dibutuhkan dana sekitar Rp 4,2 juta.

9. AVS Video Editor

Software edit video PC ringan selanjutnya ada aplikais bernama AVS Video Editor. Aplikasi ini mempunyai tampilan yang sangat interaktif, mudah digunakan, serta mempunyai banyak fitur yang sangat lengkap. Aplikasi edit video laptop dan PC ini mempunyai ukuran file yang lumayan kecil. Akan tetapi, fitur yang ada tidak kalah lengkap apabila kita bandingkan dengan para kompetitornya.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini ialah penggunaan teknologi video cache sehingga proses pengeditan video FullHD bisa berjalan lebih lancar serta sangat cepat. Untuk melakukan editing video, AVS Video Editor menyediakan beberapa opsi timeline yang bisa memisahkan penyuntingan antara video, efek, teks, serta audio.

10. Adobe After Effect

Aplikasi ini sebenarnya dipakai untuk proses akhir dari edit video. Dengan memakai aplikasi ini kalian dpaat menambahkan berbagai caption, animasi, transisi, sampai kebutuhan lain hingga video kalian benar-benar sempurna dan dapat disimpan.

Untuk pengeditan video sederhana seperti membuat YouTube atau video pendek di Instagram. Aplikasi ini dapat dengan mudah digunakan karena sudah mempunyai media atau aset yang cukup banyak.

Kalian hanya perlu menggunakan beberapa fitur yang ada di dalam aplikasi ini. Selanjutnya dapat dicek previewnya terlebih dahulu sebelum disimpan untuk dibagikan ke media sosial yang kalian inginkan.

Rate this post