DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Cara Membangun Pasukan Reseller

10 Cara Merekrut Pasukan Reseller Yang Terbukti Efektif

Pada bab sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana memaksimalkan media untuk untuk rekrutmen, kini waktunya kita mulai strategi untuk melakukan rekrutmennya.

Karena untuk membangun pasukan reseller, Anda perlu menyiapkan strategi khusus untuk merekrut calon reseller. Tanpa strategi yang dipersiapkan, mustahil Anda bisa merekrut reseller dalam jumlah banyak.

Jumlah ini sangat penting, karena reseller menjadi faktor kali penjualan Anda. Artinya semakin banyak reseller yang Anda miliki semakin besar pula jumlah penjualan yang akan Anda hasilkan.

Apalagi didukung fakta jika dari keseluruhan total reseller, kemungkinan besar mereka yang aktif jualan tidak lebih dari 30%nya saja.

Jadi di awal Anda jangan sampai berhenti merekrut reseller baru, agar tim Anda semakin berkembang dari sebelumnya.

Pada bab ini saya akan sharing tentang berbagai macam cara yang terbukti efektif dalam merekrut reseller.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merekrut pasukan reseller.

  1. Posting Artikel Edukasi
  2. Menyiapkan Poster Rekrutmen
  3. Masuk Ke Group Peluang Bisnis
  4. Posting Testimoni
  5. Menggunakan Event
  6. Rekrut Pembeli Jadi Reseller
  7. Menggunakan Gambar Orderan
  8. Member Get Member
  9. Menyelipkan Voucher Reseller
  10. Gunakan Landing Page

Yuk kita pelajari satu per satu:

 

1. POSTING ARTIKEL EDUKASI

Salah satu cara efektif untuk merekrut pasukan reseller adalah dengan pendekatan sharing tips bisnis. Cara ini terbukti efektif kami praktekkan dengan menggunakan media Facebook.

Saat itu kami rutin sharing tentang tips bisnis dan tips jualan. Tips disini bisa berupa sharing atau tips, intinya adalah berbagi ilmu.

Apa dampaknya?

Ketika Anda rutin berbagi tentang tips jualan dan tips bisnis, banyak orang mengikuti akun Anda bahkan tertarik untuk ikut belajar langsung dari Anda.

Nah kira-kira orang-orang seperti apa yang akan tertarik dengan materi atau tips seputar bisnis? Tentunya adalah mereka yang memang sedang atau mau mulai berbisnis.

Jenis orang ini tentunya sangat berpotensi sekali untuk bisa kita rekrut sebagai reseller dalam bisnis Anda.

Pengalaman kami data memulai di tahun 2016 lalu, hanya dengan sharing seputar tips dan ilmu jualan secara rutin maka hampir 10.000 member baru yang join di Facebook kami. Wahh!

Apa yang menjadi menarik adalah ketika kami posting “siapa yang mau join jadi reseller kami”, langsung saja nomor pendaftaran kami berikan diserbu oleh ratusan calon reseller.

Bahkan dari Juni hingga Desember 2016, total reseller yang bergabung lebih dari 1500 reseller. Ini hanya dengan sharing-sharing rutin saja seputar jualan atau bisnis.

Artinya jangan sepelekan berbagi secara konsisten. Karena ini adalah kunci keberhasilan Anda merekrut banyak reseller.

Hal ini mungkin disebabkan banyak reseller yang memang newbie (pemula) sehingga banyak yang ingin belajar bisnis melalu media sosial mereka masing-masing.

Oh ya pastikan juga selain berbagi konten, Anda juga harus rutin berinteraksi dan terapkan tips-tips optimasinya yang sudah dijelaskan pada bab sebelumnya.

Cara ini juga bisa diterapkan di media lain, contohnya seperti whatsapp, twitter maupun instagram.

 

2. MENYIAPKAN POSTER REKRUTMEN

Poster ini ditujukan untuk menunjukkan kepada setiap orang jika Anda membuka peluang bisnis atau rekrutmen reseller.

Poster rekrutmen ini penting untuk Anda siapkan, sebab keberadaan poster ini bisa membantu calon reseller untuk tahu peluang bisnis apa yang Anda tawarkan.

Apalagi sebagian besar orang lebih suka melihat visual, maka poster sangat membantu Anda dalam memperoleh lebih banyak lagi reseller.

Di dalam poster rekrutmen nanti, Anda perlu mencantumkan beberapa hal ini:

  • Headline promo rekrutmen
  • Gambar dan Kelebihan dari produk Anda
  • Keuntungan menjadi reseller Anda
  • Kontak yang bisa dihubungi
  • Berapa reseller yang sudah bergabung (jika ada)

 

Setelah poster siap, Anda bisa langsung menyebarkan ke media-media yang telah disiapkan sebelumnya.

Anda juga bisa mendongkrak jumlah rekrutmen dengan menyebarkan poster tersebut menggunakan iklan berbayar di media sosial.

 

3. MASUK KE GRUP PELUANG BISNIS

Jika media Anda masih belum besar dan follower Anda juga belum banyak, Anda juga bisa menggunakan media lain terutama grup-grup peluang bisnis yang ada di Facebook.

Biasanya di grup-grup ini banyak calon pebisnis dan reseller yang tertarik info peluang bisnis yang potensial.

Anda bisa menggunakan kesempatan posting di grup ini untuk menjaring banyak calon reseller.

Cukup infokan peluang apa yang Anda tawarkan, kelebihan produk dan keuntungan apa saja yang didapat saat menjadi reseller Anda. Anda juga bisa menambahkan poster yang sebelumnya sudah disiapkan.

CATATAN PENTING :

Anda hanya diperbolehkan untuk memposting info peluang bisnis reseller jika grup tersebut memang diperbolehkan untuk sharing iklan secara bebas.

Dilarang keras posting iklan ke grup orang lain tanpa seijin admin grup tersebut. Perhatikan rules dari setiap grup. Karena berbeda grup maka akan berbeda juga peraturannya.

Hindari segala bentuk spamming yang bukan saja akan mengganggu banyak orang, tentunya akan merusak reputasi Anda sebagai pebisnis.

 

4. POSTING TESTIMONI

Testimoni adalah kesan positif yang ditimbulkan dari pihak lain yang sudah merasakan jasa layanan atau produk Anda.

Posting testimoni sangat efektif untuk menjaring banyak reseller. Karena dengan testimoni ini, biasanya calon reseller lebih percaya dibanding klaim dari produsen langsung.

Testimoni ini dua macam, berikut diantaranya:

 

Testimoni pembeli > kesan dari pembeli

Testimoni reseller > kesan dari reseller Anda

Nah untuk mempercepat calon reseller join menjadi reseller, Anda perlu menyiapkan keduanya.

Biasanya testimoni produk dari pembeli berisikan manfaat yang mereka sudah rasakan dari produk, sedangkan testimoni dari reseller adalah bukti dari penjualan mereka yang sudah menghasilkan.

Pilih hanya testimoni yang powerful, yang berisikan kata-kata yang paling menarik. Untuk memperoleh testimoni ini, Anda bisa membuat sayembara testimoni terbaik, untuk kemudian diberikan souvenir dari produk Anda.

 

5. GUNAKAN EVENT

Event bisa Anda gunakan sebagai sarana untuk menjaring reseller. Cara ini terbukti efektif bagi Anda yang suka mengisi event seperti seminar atau training.

Namun bagi Anda yang belum terbiasa berbagi di seminar, Anda bisa mengikuti seminar orang lain atau event tertentu lalu membangun networking dengan setiap pesertanya.

Hasil dari jejaring relasi ini wajib Anda gunakan untuk menjaring calon reseller baru.

Tipsnya Anda perlu menyeleksi mana saja peserta yang berpotensi.

Biasanya seminar atau event tentang bisnis, peluang bisnis dan bisnis online berpotensi mempertemukan Anda dengan reseller bagus.

Agar makin efektif Anda bisa menyiapkan kartu nama untuk memudahkan mereka dalam menghubungi Anda. Jangan lupa juga untuk tukeran kontak yah, agar Anda bisa menghubungi mereka juga di kemudian hari.

 

6. REKRUT PEMBELI JADI RESELLER

Cara ini terbukti sederhana banget, tapi sedihnya masih banyak yang belum tahu dan menerapkan cara ini.

Kami disaat awal-awal merintis bisnis pernah menerapkan cara ini, hasilnya terbukti banyak reseller yang bergabung.

Caranya sangat mudah, Anda tinggal menawarkan langsung ke pembeli untuk ikut join jadi reseller Anda.

Anda juga bisa mengontak kembali database pembeli Anda untuk bergabung menjadi pasukan reseller.

Para pembeli Anda merupakan calon reseller yang potensial, karena selain sudah pernah berinteraksi dan berjual beli dengan Anda, mereka pun sudah merasakan sendiri produk yang Anda pasarkan.

Jika mereka puas tentunya mereka takkan ragu merekomendasikan pada orang lain, nah agar mendapat keuntungan, tentunya mereka harus menjadi reseller terlebih dahulu untuk mendapatkan komisi dari penjualan.

 

7. MENGGUNAKAN GAMBAR ORDERAN

Cara ketujuh ini lebih sederhana lagi, teknik ini adalah menggunakan gabungan teknik persuasi visual dan social proof. Maksudnya gimana tuh?

Jadi begini,

Teknik visual >> menggunakan gambar

Sedang teknik social proof >> gambar tersebut menggambarkan orderannya laris

Nah ketika calon prospek melihat gambar hasil orderan ini pasti ikut tergiur untuk memasarkan produk Anda, karena melihat dari gambar yang Anda posting kalau produknya laris.

Dengan begitu mereka akan berasumsi jika menjualkan produk Anda sangatlah mudah karena banyak pembelinya, dengan begitu mereka berpikir kalau bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Kebayang kan? Cara ini sangat sederhana, Anda tinggal dokumentasikan foto-foto tumpukan orderan Anda kemudian posting di media sosial lalu tambahkan info peluang menjadi reseller, mudah bukan?

 

8. MEMBER GET MEMBER

Berbeda dengan sebelumnya, cara ini tidak menggunakan sumber daya kita secara langsung.

Cara rekrut reseller ini menggunakan sumber daya reseller kita untuk menjaring reseller lain.

Untuk cara ini Anda perlu menyiapkan komisi khusus jika ada reseller baru yang bergabung hasil dari penawaran reseller sebelumnya.

Wajib diingat cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan, kelebihannya Anda tidak perlu repot-repot menjaring reseller baru, Anda bisa mengandalkan para reseller sebelumnya untuk ikut memberikan info peluang bisnis.

Namun kelemahannya adalah tidak semua reseller bersedia melakukan ini, karena biasanya mereka menyimpan info peluang bisnis dan enggan menyebarkan ke yang lain, karena khawatir nantinya akan bersaing.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengajarkan mereka untuk memiliki sub-reseller sendiri, dengan begitu mereka bisa memiliki pasukan sendiri dan tentunya akan membesarkan penghasilan mereka masing-masing.

Pada beberapa model bisnis, banyak yang menerapkan level-level tertentu dalam menjadi resellernya. Ada yang disebut distributor area, distributor, agen, mitra, reseller dll.

Contohnya mungkin hanya level distributor saja yang bisa merekrut agen atau reseller, hal ini dikarekan distributor memesan ready stok lebih banyak daripada reseller.

 

9. MENYELIPKAN VOUCHER RESELLER

jika cara-cara sebelumnya lebih bersifat aktif, cara ini boleh dibilang agak pasif. Anda tinggal menyelipkan voucher info reseller ke setiap produk yang Anda kirimkan.

Tapi tahukah Anda, meski cara ini terbilang pasif, tapi cara ini efektif lho menjaring reseller. Karena pesan info reseller produk langsung disampaikan seseorang yang akan merasakan langsung produk Anda.

Gampang kan?

Tinggal PRnya adalah Anda perlu menyisihkan modal sedikit untuk menyetak voucher rekrutmen yang nantinya akan diselipkan di semua produk Anda.

 

10. GUNAKAN LANDING PAGE

Landing page ini memudahkan Anda untuk menggabungkan kesemua cara di atas menjadi satu bagian utuh.

Pada awal landing page Anda bisa awali dengan headline yang menarik dilanjutkan dengan informasi seputar trend bisnis Anda.

Setelah itu jelaskan secara singkat tentang produk Anda, jika ada tampilkan juga testimoni, sertifikasi, pendapat ahli untuk menambah yakin calon reseller Anda.

Kemudian infokan juga kelebihan dalam menjadi reseller Anda, sajikan dalam poin-poin minimal 5 hingga 7 poin. Anda bisa meniru beberapa poin di bawah ini sebagai acuan:

  1. Produknya Terbukti Laris Terjual
  2. Tidak Perlu Stok, Bisa Dropship
  3. Keuntungan Besar hingga 30%
  4. Melayani Pengiriman Hingga Mancanegara
  5. Tersedia Kelas Bimbingan Online maupun Offline
  6. Bonus Menarik bagi Reseller Berprestasi
  7. Alat Promosi sudah disediakan tinggal jualan
  8. Komisi ditransfer setiap minggu

Tentunya bisa Anda modifkasi kembali sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan, Anda bisa menggunakan sebagian atau seluruh poin-poin di atas dalam landing page Anda.

Selanjutnya jangan lupa akhiri dengan call to action, mungkin dalam bentuk tombol kontak ke Whatsapp atau Google Form

Bagaimana?

Dari beberapa cara diatas mana yang akan Anda terapkan?

Jangan bingung ya, intinya simpel. Anda harus mencoba menerapkan cara-cara diatas, test dan evaluasi hasilnya, ujungnya tetap sama, Anda harus mencobanya.

Oh iya, Anda bisa menggunakan salah satu cara diatas ini atau mengkombinasikan beberapa caranya sesuai kebutuhan.

 

Rekrutmen Sebaiknya Berbayar atau Gratis?

Pertanyaan ini seringkali muncul ketika berbicara seputar rekrutmen reseller.

Banyak pebisnis yang mengratiskan untuk rekrutmen reseller dengan alasan agar banyak yang bergabung di awal, namun pada akhirnya yang gabung gratis ini pun banyak yang tidak aktif berjualan.

Ada juga yang menerapkan rekrutmen reseller berbayar agar mereka ebih berkomitmen dalam berjualan namun jadinya hanya sedikit yang bergabung atau bahkan tidak ada sama sekali.

Hal ini terjadi karena saat Anda masih pemula, branding belum kuat sehingga tidak banyak orang yang kemudian bersedia membayar hanya untuk menjadi reseller Anda.

Apalagi jika produk yang Anda pasarkan masih tergolong baru.

Rekomendasi kami untuk masalah ini adalah dengan menerapkan pendaftaran dengan pilihan paket, dan semua berbayar.

Anda bisa membuat paket yang murah seharga 1 produk, sehingga bisa merekrut reseller yang memang memiliki modal awal yang kecil atau belum 100% yakin dengan bisnis Anda.

Sementara itu paket yang agak tinggi harganya, untuk menarik reseller yang memang benar-benar berkomitmen dan sudah yakin dengan bisnis Anda, mungkin juga memang mereka sudah memiliki modalnya.

Baiknya, pendaftaran reseller jangan digratiskan, agar Anda bisa menyaring mana reseller yang berkomitmen untuk berjualan dan mana yang hanya sekedar ikut-ikutan saja.

Berikan syarat pembelian produk di awal, selain untuk komitmen mereka pun jadi bisa mencoba terlebih dahulu produk yang akan mereka pasarkan.

Jika memang produk Anda memiliki harga yang cukup premium, Anda bisa tetap menggunakan syarat pembelian minimal 1 produk untuk menjadi reseller,

atau terapkan biaya pendaftaran yang relative terjangkau sebagai bentuk komitmen keseriusan mereka dalam menjadi reseller produk Anda.

Kebayang yah?

Jadi tetap buat mereka memberikan komitmen terlebih dahulu, tentunya harus bisa terjangkau dan masuk akal yah, jangan membuat mereka justru jadi enggan bergabung karena syarat Anda yang berlebihan.

Nah kini Anda sudah mengetahui banyak tips dan cara untuk merekrut reseller, silahkan diterapkan sekarang juga yah!

Karena 1000 reseller pun dimulai dari 1 reseller pertama, kuncinya harus yakin dan konsisten maka 1000 reseller pun menjadi hal yang sangat mungkin!

Bab berikutnya kita akan membahas tentang bagaimana agar Reseller yang sudah Anda rekrut dapat menghasilkan ratusan bahkan ribuan penjualan, pastikan Anda membacanya yah.

Semangat untuk Action!

Jangan Lupa Luangkan 3 Detik Untuk SHARE Materi ini.

Siapa tau 1 klik yang Anda lakukan adalah pembuka jalan rezeki bagi orang lain.

EDNOVATE 2019. All rights reserved

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia