10 Game PC Ringan Terbaik

10 Game PC Ringan – Bermain game di komputer atau PC memang menjadi hal yang sangat menyenangkan karena bisa bermain lebih leluasa serta tidak takut akan baterai habis seperti saat kita bermain di laptop atau smartphone. Untuk kalian yang tidak mempunyai spesifikasi PC tinggi tidak perlu cemas sebab Ednovate akan membahas 10 game PC ringan terbaik 2021 yang dapat kalian mainkan.

Beberapa game ini memang tergolong game rilisan lama, akan tetapi bukan berarti tidak menarik lagi ataupun tidak menantang untuk kalian mainkan. Masing-masing game ini mempunyai daya tariknya tersendiri dan kalian dapat memilih sesuai dengan selera kalian.

10 Game PC Ringan

Ada beberapa game PC terbaik untuk RAM 1GB dan ada juga game PC ringan tanpa perlu VGA RAM 2GB semuanya tersedia serta dapat kalian download secara gratis. Maka dari itu pada kesempatan ini saya akan merekomendasikan beberapa game yang bisa dimainkan pada perangkat PC dengan spesifikasi rendah.

Daftar 10 Game PC Ringan

Terdapat banyak  permainan menarik yangn ada di PC. Ada game dengan genre perang, RPG, petualangan, serta game dengan gameplay lainnya yang banyak beredar di pasar game. Mulai dari game sangat ringan seperti bermain Solitaire hingga game kelas AAA seperti Assassin Creed, DOTA 2, Battlefield serta masih banyak lagi game lainnya.

Sebagai game kelas atas, gim kelas AAA itu biasanya membutuhkan spesifikasi PC kelas atas untuk bisa dimainkan. Terutama game terbaru yang hadir dengan grafis terbaik. Tentu saja hal ini bisa jadi masalah besar, terutama bagi kalian yang hanya mempunyai PC Desktop dengan spesifikasi “kentang” alias rendahan.

Akan tetapi, kalian tidak perlu khawatir. Dengan spesifikasi komputer yang kentang tersebut, kalian masih dapat memainkan banyak game PC ringan serta menarik di. Apa sajakah itu?

1. Disco Elysium

Yang satu ini merupakan sebuah game bergenre RPG unik, tidak seperti game RPG lainnya yang pernah kalian mainkan sebelumnya. Dalam game ini, pemain dapat merasakan serunya immersion dari RPG open world yang membebaskan karakter kalian untuk bisa melakukan apapun.

Kalian dapat memutuskan ingin menjadi detektif yang baik dengan cara memecahkan misteri atau malah menjadi polisi yang jahat. Tapi kalian perlu tahu jiika game ini mengandung banyak teks monolog serta dialog, sehingga akan membuat kalian merasa seperti sedang baca buku bukan bermain game.

Jikia kalian mencari game RPG dengan tingkat kebebasan maksimal sebagai seorang detekif, game ini sangat tidak bisa kalian lewatkan. Game ini dapat kalian mainkan pada PC yang menggunakan Intel Core 2 Duo, RAM berukuran 2 GB, serta VGA 512 MB.

2. Hades

Hades adalah sebuah game entry keluaran terbaru sekaligus terbaik dalam daftar ini. Game yang dirilis pada September 2020 lalu ini sudah berhasil membawa pulang 2 piala bergengsi.

Game dengan genre roguelike RPG ini berhasil mendapatkan piala Game Indie Terbaik serta Game Action Terbaik dari ajang Game Awards, bahkan game ini juga dinominasikan sebagai Game of The Year 2020. Di dalam game ini, kalian akan mengontrol pangeran neraka yang berusaha ingin melarikan diri dari dewa neraka, yaitu Hades. Berbekal senjata dewa, kalian akan menghadapi banyak makhluk mengerikan.

3. Left 4 Dead 2

Setelah berhasil dengan seri pertamanya, Left 4 Dead lalu melanjutkannya pada seri kedua. Game ini menjadi salah satu game FPS yang sangat populer di masanya serta terus berkembang sampai saat ini. Pada dasarnya latar belakang dari game ini tidak jauh berbeda dengan game Resident Evil.

Bedanya adalah pada game ini kalian tidak akan bermain sendiri, tapi dengan tim yang beranggotakan 4 orang termasuk kalian. Di dalam game ini pemain akan berjuang untuk melawan orang-orang yang terinfeksi virus zombie. Jalan cerita yang panjang serta menarik inilah yang menjadi ciri khas dari game ini.

Game ini pun bisa memungkinkan kalian untuk mencari atau membeli senjata yang kuat untuk melawan para zombie. Tidak hanya itu saja, kalian pun dapat melakukan upgrade senjata supaya kekuatan kalian menjadi bertambah dan bisa menghemat amunisi.

4. Stardew Valley

Permainan yang satu ini dijamin akan membuat kalian teringat dengan game Harvest Moon! Game berjudul Stardew Valley ini dapat dikatakan menjadi alternatif lain dari game Harvest Moon, dengan gameplay yang mirip!

Sama-sama memiliki tema utama bercocok tanam, salah satu game PC ringan terbaik ini sangat cocok dimainkan untuk mengusir bosan dan bsia kalian mainkan di waktu luang. Di dalam game ini kalian dapat membangun perkebunan, merawat perternakan, serta berinteraksi dengan orang-orang desa di mana tempat kalian tinggal.

5. Terraria

Permainan yang bagus tidak harus selalu dinilai dari grafisnya. Buktinya ada game berjudul Terraria yang membawa desain 2D tapi masih tetap menawarkan pengalaman bermain yang menyenangkan dan sangat menantang.

Ini merupakan game bergenre open world sandbox yang memungkinkan kalian untuk menjelajahi area yang dimunculkan secara acak dalam game, sehingga menawarkan replayability yang sangat tinggi. Di sini kalian dapat melawan beragam jenis musuh yang ada untuk bisa mengumpulkan data entri di Bestiary maupun membuat beragam jenis item dengan fitur crafting.

6. Far Cry 2

Masih di genre game FPS, kali ini ada game berjudul Far Cry 2. Latar belakang permainan ini agak sedikit berbeda dengan seri pertamanya. Kali ini pemain akan ditempatkan di tengah-tengah konflik persenjataan pada salah satu wilayah di kawasan Afrika. Alur cerita dari seri kedua ini tidak kalah menarik dengan seri pertamanya.

Disini kalian akan bermain di tengah konflik persenjatan antar dua golongan besar. Walaupun demikian, tujuan akhir dari permainan ini adalah menaklukan The Jackal. Di setiap stage akan mempunyai misi yang berbeda dan kalian perlu menyelesaikannya untuk bisa membuka misi selanjutnya.

7. Brawlhalla

Brawlhalla dapat dikatakan merupakan game dengan genre fighting yang memiliki gameplay mirip seperti Super Smash Bros. pada platform Nintendo. Bedanya kalian dapat download game PC ringan gratis ini melalui Steam. Dengan tema grafis 2D, karakter yang ada dalam game ini bisa bilang sangat beragam.

Bahkan ada karakter yang bernama Legends di dalam game ini yang bekerja sama dengan developer lain, contohnya seperti Rayman serta Lara Croft dari Tomb Raider. Di dalam game ini kalian tidak hanya akan bertarung melawan seorang musuh saja, melainkan dapat beramai-ramai sehingga akan menambah keseruan dalam bermain.

8. Minecraft

Minecraft merupakan salah satu game PC yang sangat populer. Kepopuleran dari game ini tidak hanya di perangkat PC namun juga di perangkat lainnya. Permainan ini dapat dikatakan sebagai game paling memorable serta paling banyak dimainkan. Video Youtube yang berkaitan dengan game ini juga cukup mendapat views yang besar.

Minecraft sendiri memberikan konsep bermain kreasi membangun sesuatu dengan tampilan visual kotak-kotak 8 bit. Permainan ini sendiri tergolong cukup ringan untuk kebutuhan zaman sekarang. Dengan spesifikasi minimal prosesor intel core i3, grafis Intel HD 4000, serta RAM 8 GB, permainan ini dapat dimainkan. Tentu spesifikasi yang lebih tinggi lebih baik.

9. NFS: Most Wanted (2012)

Setelah sukses dengan NFS: MW (2005) lalu, di tahun 2012 mereka kembali mengenalkan game PC ringan paling seru yang berjudul NFS:MW (2012) yang sudah dibuat lebih baik lagi. Pada awal permainan, kalian akan memainkan satu race memakai mobil Dodge Challenger SRT8.

Setelah berhasil menuntaskan balapan pertama, barulah kalian dapat mengganti dengan mobil lain yang tersedia. Sama seperti seri terdahulu, pada NFS: MW 2012 ini kalian dapat memilih race ataupun event yang diikuti selama bermain.

10. Farm Together

Game Harvest Moon memang sangat terkenal serta masih berlanjut mengeluarkan series terbarunya sampai saat ini. Akan tetapi bagi kalian yang sudah bosan memainkan Harvest Moon, kalian dapat mencoba game serupa, yakni Farm Together.

Tampilan grafis permainan ini tidak kalah bagus dengan Harvest Moon, walaupun tidak sempurna seperti Farm Simulator. Seperti halnya game Harvest Moon, dalam game ini kalian akan berperan sebagai seorang petani yang mengelola kebun serta menjalin interaksi dengan masyarakat sekitar.