DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

5 Elemen Penting yang Mampu Meningkatkan Konversi Pada Sebuah Iklan

5 Elemen Penting yang Mampu Meningkatkan Konversi Pada Sebuah Iklan

Dalam membuat iklan tentunya Anda berharap pasti akan mendapatkan eksposur yang baik mengenai promosi yang Anda tawarkan. Tujuan utama Anda tentunya ingin mendorong pelanggan Anda untuk melakukan pembelian. 

Namun, sebelum Anda membuat iklan ada hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk membuat iklan Anda efektif kepada pelanggan Anda.  Buatlah iklan dengan mengaitkan hal-hal yang dapat menarik perhatian pelanggan, namun hal tersebut tentu beragam. Anda harus mengenali segmentasi calon pelanggan Anda untuk menemukan apa yang mereka senangi. 

Selain itu Anda harus tau keunggulan produk bisnis Anda yang tidak dimiliki oleh produk lain, sehingga produk Anda memiliki kekuatan untuk bersaing bahkan melalui iklan di platform yang sama. Jika Anda sudah mengenal apa dan bagaimana calon target pasar serta keunggulan produk Anda kini saatnya Anda membuat konsep iklan Anda dengan memperhatikan 5 elemen berikut agar Iklan Anda efektif.

1. Berikan Penawaran yang Menarik

Elemen paling penting tentunya memberikan penawaran yang paling menarik bagi segmentasi pasar Anda. Jika Anda sudah menemukan hal yang dapat menarik perhatian mereka maka akan mudah untuk menjaring pelanggan Anda. Pelanggan yang menyukai penawaran Anda akan dengan senang hati melakukan pembelian. Promo khusus yang memanfaatkan momentum seperti hari raya besar biasanya memiliki tingkat atensi yang tinggi dari pelanggan Anda.

2. Berikan Alasan untuk Membeli Sekarang

Saat pelanggan melihat iklan bisa jadi berpikir untuk menunda pembeliannya di lain waktu karena tidak ada hal urgensi yang mendorongnya. Namun, nantinya mereka dapat dengan mudah melupakan penawaran yang Anda berikan. Oleh karena itu, Anda harus mendorong konsumen untuk membeli sekarang bukan nanti. Anda dapat menciptakan urgensi ini dengan berbagai cara, salah satu contohnya adalah Flash Sale atau Happy Hour. Gaya seperti ini banyak dimanfaatkan oleh marketplace seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan lain-lain. Bahkan perusahaan besar seperti astra juga melakukan promo serupa, seperti yang dilansir dari tirto.id menjual salah satu produknya mobilnya seharga 50 juta pada periode tertentu.

3. Bijak dalam Memilih Platform

Tak semua platform dapat mendukung promosi iklan Anda secara baik. Pastikan Anda menggunakan platform yang tepat untuk menjangkau calon pelanggan yang Anda tuju. Jangan sampai Anda terlena dengan keinginan mendapatkan eksposur yang besar namun berakhir menjadi iklan yang sia-sia. Pelajari karakter platform sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya. Jika Anda memiliki bisnis kuliner tak perlu repot-repot untuk menjaring pelanggan dengan memasang iklan pada kanal otomotif, karena target market yang tak sesuai dengan karakter bisnis Anda tidak akan memberikan efek promosi yang diharapkan.

4. Ciptakan Elemen Kreatif

Garap perhatian pelanggan Anda dengan visual yang dapat selalu mereka ingat. Element kreatif yang dapat mendukung bisa dari tulisan (copy) yang nyeleneh, foto produk yang menggoda, sampai ke jingle (bila dalam format video) yang dapat dinyanyikan berulang-ulang oleh pelanggan Anda. Hal ini membantu pelanggan mudah mengingat promosi yang Anda lakukan. Sukur-sukur dengan elemen kreatif yang Anda berikan, campaign yang Anda buat bisa menjadi viral di media sosial.

5. Perkuat dengan Testimoni Pelanggan

Testimoni dari pelanggan yang sudah bertransaksi saat ini sangat penting, karena dapat meningkatkan citra dan kredibilitas bisnis Anda. Jangan lupa meminta testimoni kepuasan pelanggan yang sudah membeli produk Anda. Anda dapat menggunakan testimoni tersebut untuk mendorong minat pelanggan Anda agar segera membeli produk Anda.

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia