DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

5 Mindset yang Harus Anda Miliki Jika Ingin Sukses dalam Berbisnis

5 Mindset yang Harus Anda Miliki Jika Ingin Sukses dalam Berbisnis

Keahlian khusus yang Anda kuasai bukanlah hal utama yang lantas dapat menjadikan Anda seorang pebisnis. Karena untuk menjadi seorang pebisnis atau entrepreneur, tak hanya bicara soal  keahlian khusus yang kita kuasai, tetapi lebih kepada karakter dan mental diri kita. Jika saat ini Anda sudah memutuskan atau baru akan memutuskan untuk terjun menjadi pebisnis, maka bekali diri Anda dengan mindset berikut ini.

Berani Berhadapan dengan Risiko

Berkutat dengan zona nyaman tak akan membuat Anda menjadi hebat, tapi melangkahlah keluar dari area tersebut dan sambutlah tantangan baru yang ada di hadapan Anda. Tempa diri Anda menjadi pribadi yang siap menemui setiap risiko yang ditemui. Risiko yang besar membutuhkan semangat dan keyakinan diri yang besar pula untuk menggapai target Anda.  Semakin tinggi target yang Anda buat akan semakin besar risiko yang Anda hadapi, tapi semakin besar pula peluang Anda untuk meraih kesuksesan. 

Jauhkan Pikiran Negatif

Buang jauh segala prasangka buruk dan kekhawatiran dalam pikiran Anda mengenai apa yang akan terjadi, karena masa depan belum tentu terjadi sesuai dengan ketakutan Anda. Jangan telan bulat-bulat segala bisikan-bisikan negatif dari lingkungan, yang dapat menjatuhkan kepercayaan diri Anda. Tetap fokus pada tujuan dan jangan biarkan energi negatif  menghentikan langkah Anda. Jika Anda sulit menepis pikiran tersebut, lakukan hal-hal yang Anda senangi seperti mendengarkan musik favorit, menikmati makanan kesukaan atau berolahraga untuk mengusir pikiran negatif. 

Minat untuk Terus Belajar

Siapa tak kenal dengan ungkapan ‘Kejarlah ilmu sampai ke negeri China’. Terlepas dari segala perdebatan mengenai ungkapan tersebut, nyatanya makna yang tersirat adalah untuk terus belajar sejauh mungkin, terus upgrade diri Anda untuk  belajar hal-hal baru. 

Alasannya, karena dalam menjalankan sebuah bisnis Anda harus menguasai banyak hal seperti manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen promosi dan berpikir strategis serta praktis. Hal tersebut tidak bisa Anda dapatkan semua secara instan tapi mulailah dengan perlahan agar prosesnya bisa terasa sehingga Anda dapat terbiasa untuk melakukannya. 

Banyak referensi yang bisa Anda dapatkan mengenai pengelolaan sebuah bisnis dimulai dari artikel di internet hingga saran dan  profesional yang dituangkan dalam buku. Saran terbaik, cobalah untuk menghadiri acara seminar atau kelas-kelas mentoring bisnis agar Anda bisa mendapatkan pengetahuan secara langsung. 

Berani Membuka Diri

Meskipun Anda sibuk dengan rutinitas yang sedang Anda jalani, sempatkan diri untuk bergaul dengan orang-orang yang memiliki potensi, untuk membantu mengembangkan bisnis atau karir Anda. Cobalah untuk menggali ilmu dari siapapun yang Anda temui dengan diawali obrolan ringan. Jangan langsung memulai obrolan dengan  pembahasan yang berat, karena pendekatan semacam itu tak akan menciptakan koneksi secara emosional yang baik sehingga apa yang Anda harapkan dari orang tersebut tak akan Anda peroleh. 

Bersyukur

Tanpa rasa bersyukur diri ini tak akan pernah merasa puas. Bisa jadi Anda selalu merasa tertekan akan tuntutan yang telah dibuat sendiri. Berdamailah dengan diri Anda dan syukurilah setiap pencapaian yang telah dilewati. Ingat! karena bagaimanapun hasilnya, Anda harus bisa menikmati proses yang tengah dijalani. Perjalanan dalam menikmati sebuah proses mampu membuat diri kita menjadi pebisnis yang lebih bijak. 

Keberhasilan bukanlah milik Anda seorang, jangan lupa ketika Anda telah merasa berada di titik pencapaian Anda, berterimakasihlah kepada siapapun yang telah ada bersama Anda dalam setiap titik perjalanan ada. Semangaaaat!

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia