DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

6 Tips ini Bisa Membantu Kamu untuk Segera Memulai Bisnis, Meskipun Sambil Bekerja Full Time

6 Tips ini Bisa Membantu Kamu untuk Segera Memulai Bisnis, Meskipun Sambil Bekerja Full Time

Semakin hari kebutuhan semakin meningkat, sehingga semakin banyak diantara kita yang berpikir untuk mencari uang lebih dengan berbisnis. Berbisnis tentunya memerlukan fokus total sehingga bisnis yang dijalankan dapat berjalan lancar. Lalu bagaimana jika berbisnis sambil bekerja full time, mungkinkah? 

Tenang, itu mungkin saja kok! 

Kamu tidak perlu sampai resign jika kamu mengetahui strategi dan tips-tips berbisnis sambil bekerja di bawah ini :

1. Mulai dari Hal Sederhana Terlebih Dahulu

Jika kamu merasa masih belum siap untuk menjalankan bisnis yang besar, mulai saja dulu dari bisnis yang sederhana, kamu dapat memulai dengan menjalankan online shop. Jika belum cukup modal untuk menyediakan stock barang, kamu dapat menggunakan sistem reseller dan dropship. 

Selain itu kamu juga bisa menjual produk dari keahlianmu, misalnya bisnis cemilan homemade seperti cookies, kue, pudding yang sekarang sedang booming di Instagram. Tidak usah malu atau ragu untuk memulai bisnis yang sederhana. Ingat, sederhana bukan berarti kecil. Hal-hal sederhana dapat membuahkan hal yang besar nantinya jika ditekuni dengan baik­.

2. Tetapkan Visi dan Misi

Mungkin poin kedua ini terdengar klise alias basi, namun menetapkan visi dan misi adalah hal yang esensial dalam menjalankan apapun termasuk berbisnis. Dengan memiliki visi dan misi, kamu akan mendapatkan gambaran ke arah mana bisnis kamu akan berjalan. Visi dan misi membantu kamu untuk lebih fokus dalam mencapai tujuan bisnis yang kamu ingin capai.

3. Luangkan Waktu

Banyak orang berpikir bahwa mereka tidak punya waktu luang sehingga mereka mundur untuk berbisnis, padahal kamu dapat memanfaatkan waktu di akhir pekan dan waktu di sela-sela pulang bekerja, bukan? Selain itu kamu juga dapat sedikit mencuri waktu di jam istirahat kantor. 

Tapi jangan menjalankan bisnis kamu di jam kerja kantor karena pastinya akan menggangu fokus dalam bekerja. Memang waktu istirahat dan refreshing kamu akan tersita, tapi segala sesuatu tentu butuh pengorbanan bukan.

4. Temukan Seorang Mentor­­­

Memiliki mentor sejak awal mendirikan bisnis merupakan sebuah keuntungan besar karena sebagai pebisnis pemula seringkali kita tidak memiliki cukup pengetahuan untuk menjalankan bisnis. Dengan memiliki mentor dan memanfaatkan pengetahuan dari sang mentor, kamu dapat mempercepat pertumbuhan bisnismu. 

Selain itu kamu bisa mendapatkan second opinion dan dukungan emosional dari mentormu, oleh karena itu peran mentor sangatlah penting! Kalau kamu perhatikan pun, setiap pebisnis sukses di luar sana rata-rata memiliki seorang mentor bisnis.

5. Selalu Jaga dan Pelihara Reputasimu

Jangan lupa bahwa kamu tetaplah seorang karyawan di perusahaan tempatmu bekerja saat ini. Jangan sibuk sendiri dengan bisnismu di saat jam kerja, kamu juga masih punya tanggung jawab terhadap perusahaan. Atur waktu dan fokus sebaik mungkin, sehingga pekerjaan tidak terganggu oleh bisnis yang sedang kamu rintis, begitu juga sebaliknya.

6. Bekerja Secara Remote

Bekerja di rumah artinya kamu bisa mengatur waktu sendiri, tidak perlu menghabiskan waktu untuk bersiap-siap di pagi hari dan waktu di perjalanan. Kamu juga punya waktu lebih untuk mengerjakan hal-hal lain termasuk bisnismu. 

Bila memungkinkan, kamu dapat meminta kepada atasanmu untuk dipekerjakan secara remote, tapi kamu tetap harus bertanggung jawab dengan menjalin komunikasi yang aktif dan menunjukan performa yang baik walaupun kamu bekerja di rumah. Jangan sampai atasanmu kecewa dan menyesal telah memperbolehkan kamu bekerja remote.

Memiliki bisnis sembari bekerja memang memiliki tantangan tersendiri. Bekerja full time bukan jadi penghalang kamu untuk memulai bisnis. Mulailah bergerak dari hal sederhana dan jalani secara konsisten. 

Jangan lupakan strategi dalam bisnis juga, ya! Bila kamu konsisten dan penuh strategi, bisnis kamu pasti akan berkembang. 

Bagaimana, sudah siapkah memulai bisnis setelah membaca artikel ini?

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia