7 Jenis Infografis dan Manfaatnya

Infografis adalah bentuk konten digital yang banyak digunakan saat ini. Infografis selalu ada untuk membantu konten. Melihat konten artikel dan video yang informatif, terkadang ditampilkan infografis untuk memudahkan pembaca atau penonton memahami apa yang sedang disampaikan.

Infografis bisa kita temukan dengan mudah, baik itu di website, blog,

platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Infographic Expansion. Singkatnya, infografis dapat ditampilkan dengan sangat fleksibel di berbagai platform digital.
Alasan Menggunakan Infografis

Dari perspektif pendidikan, infografis memiliki banyak keuntungan. Infografis umumnya menggunakan warna-warna cerah, grafik tebal, potongan teks pendek, dan menarik bagi orang-orang bertipe visual yang sering mengalami kesulitan membaca teks panjang.

Karena infografis ini dapat digabungkan dengan sangat fleksibel

dengan berbagai platform – seperti posting media sosial, blog, hingga memasukkan video, infografis dapat sangat membantu Anda untuk menyampaikan pesan yang lebih informatif kepada audiens Anda.

Mengapa infografis populer di kalangan pemasar digital?

Menarik secara visual dan mudah dibagikan
Memfasilitasi pengiriman data yang kompleks
Desain dan palet warna yang dapat disesuaikan dengan merek
Dapat mengomunikasikan semua informasi penting dalam waktu membaca yang singkat
Dapat digunakan untuk menyiapkan konten lama
Dapat digunakan secara fleksibel dengan konten lain atau secara individual

Berikut 7 jenis infografis dan manfaatnya

Kami mengekstrak informasi berikut dari semrush.com:
(1) Garis Waktu

Garis waktu adalah jenis infografis yang paling umum. Manfaat infografis timeline adalah untuk menjelaskan peristiwa sejarah, menceritakan sebuah kisah, menggambarkan proses yang perlu peka waktu, perencanaan acara, dll.
(2) Artikel Visual

Artikel visual menggunakan kembali konten dari artikel atau blog dan mengubahnya menjadi konten infografis. Jenis infografis ini biasanya lebih padat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dibaca.

Infografis jenis artikel visual berguna untuk menerjemahkan konten

artikel yang padat ke dalam format infografis yang lebih pendek. Jika konten Anda adalah hasil riset, membuat versi infografis sangat membantu.
(3) daftar

Jika konten Anda adalah daftar panjang, menggunakan infografis dapat membantu audiens Anda memahaminya dengan cepat. Infografis tipe daftar berguna sebagai opsi tambahan untuk menikmati konten yang lebih pendek dan cepat habis.

Anda bisa menggunakan jenis infografis ini untuk mengilustrasikan konten blog, membuat referensi untuk presentasi, atau berbagi di media sosial. Infografis seperti daftar sangat fleksibel dan memungkinkan lebih banyak ruang untuk kreativitas perancang.
(4) Proses dan diagram alur

Infografis dan diagram alur tipe proses menggambarkan serangkaian langkah yang mendorong pembaca untuk mengikutinya. Tata letak mana yang Anda pilih untuk representasi proses dan diagram alur bergantung pada proses yang ingin Anda ilustrasikan.

Misalnya, diagram langkah-langkah lebih sederhana daripada diagram yang menunjukkan keputusan.

Infografis jenis ini berguna untuk menggambarkan langkah-langkah memahami sesuatu dengan cepat, misalnya langkah demi langkah dalam menulis konten web, dll.
(5) Tanggal, Bagan dan Nomor

Secara umum, infografis sebenarnya digunakan untuk memvisualisasikan data dan untuk mewakili data dan angka yang kompleks agar mudah dipahami oleh pembaca biasa. Anda dapat menggunakan diagram batang, diagram lingkaran, atau bahkan piktogram untuk membuat konten Anda lebih mudah dipahami.
(6) perbandingan

Infografis perbandingan digunakan untuk membandingkan dua atau lebih informasi yang berbeda atau untuk menunjukkan kesamaan. Karena membandingkan dua hal atau lebih, infografis ini perlu ditata agar tidak membingungkan.
(7) Data geografis

Jika Anda ingin memecah data berdasarkan lokasi, infografis geografis adalah pilihan terbaik Anda. Jenis infografis ini sering menggunakan sangat sedikit teks untuk menyampaikan pesan.

Anda mungkin juga ingin membuat infografis untuk membantu bisnis Anda menjangkau audiens yang masuk akal dan dapat diterima dengan baik. Jika Anda ingin membuat infografis khusus untuk bisnis Anda, kami mungkin dapat membantu. Di AsiaQuest Indonesia, tim desainer grafis kami memiliki pengalaman membantu klien menerjemahkan konten kompleks menjadi desain infografis yang mudah dipahami bahkan oleh orang awam.

Lihat Juga :

https://www.suratkabar.id/
https://www.chip.co.id/
https://www.atursaja.com/
https://vncallcenter.com/
https://jadwalxxi.id/
https://jurubicara.id/
https://psyline.id/
https://liga-indonesia.id/
https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co.id/