DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Bisnis Pertama Kita Gagal?

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Bisnis Pertama Kita Gagal?

“Dalam menjalankan bisnis, gagal itu pasti!”

Saya harap Anda tidak kaget mendengar kalimat tersebut. Karena sejatinya kegagalan itulah yang akan membuat kesuksesan bisnis Anda semakin dekat

Lalu apa yang harus dilakukan ketika bisnis pertama kita gagal?

Kegagalan bisnis terjadi bukan tanpa sebab, banyak hal yang menjadi faktor bisnis Anda gagal. Kebanyakan di antaranya karena Anda sebagai pemilik bisnis belum memiliki pengalaman dalam menjalankan bisnis tersebut.

Tapi seperti yang saya bilang, gagal dalam bisnis itu sudah pasti dan kita gak akan mungkin bisa menghindar dari hal itu. Yang paling penting adalah belajar dari kegagalan tersebut. 

Untuk itu dalam artikel ini saya akan membahas tentang langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi kegagalan bisnis untuk pertama kalinya. Jika saat ini Anda dalam kondisi tersebut, maka segera lakukan tips berikut 

Memaafkan Diri Sendiri dan Jangan Menyalahkan Siapapun 

Penyebab kegagalan bisa dari banyak hal, salah satunya karena kesalahan yang dilakukan oleh diri kita sendiri seperti halnya kurang fokus, tidak totalitas dalam bisnis dan berbagai hal lainnya

Kebanyakan pebisnis pemula yang gagal terlalu menyalahkan diri sendiri dan larut dalam kesedihan. Menyalahkan diri sendiri saat kegagalan menimpa akan membuat kondisimu semakin rumit, apalagi harus menyalahkan orang lain. Maka memaafkan diri sendiri adalah hal yang paling bijaksana untuk dilakukan. 

Evaluasi Diri dan Bisnis Anda

Karena sukses itu ada polanya, maka gagal pun pasti ada polanya. Yang perlu kita ketahui adalah pola apa yang bisa membuat kita gagal dan pola seperti apa yang bisa membuat kita sukses. 

Maka segera lakukan evaluasi terhadap diri sendiri, apakah yang kita pikirkan dan yang kita lakukan sudah sesuai dengan pola orang-orang sukses pada umumnya atau justru mengikuti pola orang gagal. 

Begitupun dari segi bisnis, coba evaluasi juga apa kesalahan yang dilakukan, apakah Anda menyasar market yang salah, melakukan promosi yang tidak mendatangkan hasil atau mungkin Anda membuat produk yang memang tidak dibutuhkan oleh siapapun.

Mulai Lagi dengan Cara Pandang dan Strategi yang Baru

Jika kegagalan bisnis mu  disebabkan oleh dirimu sendiri, mulailah memandang sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Gunakan mindset yang benar dalam menjalankan bisnis, bentuk pola yang tepat dan latih pola tersebut hingga menjadi sesuatu yang biasa Anda lakukan.

Lalu buat strategi baru untuk bisnis Anda, jika membuat produk atau layanan baru adalah jalan terbaik maka lakukanlah. Mulailah dengan perencanaan bisnis yang matang, buat bisnis model canvas sehingga Anda mengetahui bisnismu dari banyak sudut pandang.

Bangkit, Saatnya Action Lagi!

Sudah yakin dengan perencanaan dan strategi bisnis yang Anda buat? Saatnya action secara massive, gigih dan pantang menyerah. Cari orang atau partner yang tepat untuk membantu bisnismu jika itu memungkinkan.

Cari pelanggan baru dengan strategi yang baik, buat mereka menjadi customer yang loyal dengan produk/layanan Anda. Bangun relasi dengan orang-orang yang tepat agar bisnismu tidak berjalan lambat. Awasi dan perhatikan pesaingmu, jangan sampai dia lebih unggul dari Anda.

Fokus, Fokus dan Fokus

Kegagalan bisnis sering terjadi akibat terlalu banyak yang Anda kerjakan, ada juga yang terlalu banyak bisnis padahal baru pertama kali memulai bisnis. Membangun multiple stream of income itu sah-sah saja, tapi cobalah untuk fokus pada 1 bisnis terlebih dahulu, baru setelah dirasa 1 bisnis Anda sudah menghidupi dirinya, Anda bebas untuk menjalani bisnis yang lain.

Yuk bangkit, mulai dengan bersyukur atas apa yang Anda alami saat ini. Bersyukur Anda masih diberikan kesehatan, masih ada akal untuk berpikir dan ada pengalaman sebagai pelajaran.

Lakukan langkah pertama Anda segera!

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia