Aplikasi Edit Foto Terbaik

Aplikasi Edit Foto Terbaik – Mengambil gambar menggunakan smartphone ataupun kamera profesional tetap saja memerlukan sebuah software untuk bisa memaksimalkan hasil foto agar lebih sempurna. Karena ada kalanya tidak semua hasil tangkapan kamera kita menghasilkan gambar yang bagus serta sesuai keinginan dengan keinginan kita.

Seringkali muncul noise pada foto. Misalnya, hasil jepretan yang tidak begitu tajam atau nge-blur, dengan kondisi kurang cahaya atau gelap (low light), hasil gambar yang terlalu gelap, bocor, dan lain sebagainya. Padahal foto tersebut mungkin mempunyai momen yang bagus serta tidak mungkin bisa diulang.

Ketakutan berikut bisa diatasi dengan adanya software atau aplikasi edit foto yang tidak hanya bisa digunakan pada personal computer (PC), tapi juga bisa digunakan pada platform mobile. Aplikasi edit foto ini bisa meningkatkan fokus atau ketajaman pada suatu subjek utama foto, bahkan bisa mengubah foto yang biasa saja menjadi luar biasa indah.

Aplikasi Edit Foto Terbaik

Daftar Aplikasi Edit Foto Terbaik

Aplikasi edit foto sekarang ini memang sangat digemari serta telah menjadi perbincangan hangat, hal itu disebabkan karena aplikasi edit foto mempunyai kemampuan untuk mengedit foto sehingga foto yang tadinya kurang baik bisa berubah menjadi lebih baik serta semakin enak untuk dilihat. Aplikasi edit foto ini bisa kalian download di Play Store untuk kalian para pengguna Android atau App Store untuk kalian para pengguna iOS.

Banyaknya aplikasi edit foto yang sudah beredar dipasaran pastinya membuat kalian bingung. Tapi kalian tidak perlu khawatir sebab di sini Ednovate sudah merangkumnya ke dalam daftar aplikasi edit foto terbaik yang bisa kalian jadikan referensi sebelum kalian mendownloadnya.

1. PicsArt

Untuk kalian yang hobi mengedit foto pasti sudah sangat kenal dengan aplikasi yang satu ini yakni PicsArt. Ini adalah paling yang banyak didownload pada tahun 2019 dengan lebih dari 500 juta unduhan hingga sekarang. PicsArt menjadi salah satu aplikasi editing foto terbaik sebab aplikasi ini memberikan banyak pilihan fitur unik di dalamnya seperti ambil photo, clip art, collages, menambahkan efek pada teks serta masih banyak lagi fitur lainnya yang akan membuat kalian leluasa saat mengedit foto menjadi lebih baik lagi.

Yang lebih menariknya lagi, aplikasi ini mempunyai fitur Magic effect yang akan menjadikan foto kalian menjadu terlihat lebih berwarna serta lebih terkesan hidup. Setelah itu kalian pun bisa langsung membagikan hasil editan kalian ke berbagai sosial media yang kalian punya. Terakhir kalian bisa bergabung dengan komunitas yang ada di dalam aplikasi ini sehingga kalian bisa bertukar informasi serta hasil editan foto dengan antarmuka feed seperti di media sosial.

2. Canva

Canva adalah sebuah aplikasi desain grafis yang telah dirilis sejak tahun 2012 yang bisa diakses melalui web browser maupun mobile apps. Di Play Store sendiri aplikasi ini sudah didownload lebih dari 100 juta pengguna Android dengan rating 4,6 bintang dari 4 juta ulasan. Canva hingga saat ini masih banyak digunakan oleh para pecinta desain grafis baik itu pelajar maupun pekerja, karena aplikasi ini memiliki fitur-fitur menarik seperti desain grafik, poster, dokumen atau konten visual lainnya.

Kalian pun tidak perlu khawatir akan kesusahan ketika menggunakannya walaupun kalian baru pertama kali mencobanya, hal itu karena aplikasi ini mempunyai antarmuka yang sederhana sehingga mudah di pahami oleh orang awam.

Aplikasi Canva sendiri mempunyai beragam fitur yang menarik serta pastinya akan sangat membantu pekerjaan kalian, seperti template yang berisi konten visual, foto untuk background, element yang bisa dipakai untuk menghidupkan prinsip desain, text dengan berbagai font serta fitur musik video yang bisa kalian tambahkan ke pekerjaan kalian.

3. Pixlr

Pixlr adalah aplikasi edit foto terbaik selanjutnya, dimana aplikasi ini mempunyai jutaan kombinasi efek serta filter yang bisa kalian pakai seluruhnya secara gratis. Ditambah lagi adanya dukungan dari fitur Pixlr yang juga mempunyai fitur auto fix yang bisa secara otomatis menyesuaikan warna pada gambar ataupun foto yang akan menghasilkan hasil akhir yang sangat bagus.

Aplikasi ini pun mempunyai fitur yang khas yaitu filter, tools, border, kontras dan yang lainnya. Untuk kalian para pengguna iPhone juga tidak perlu khawatir, aplikasi ini pun bisa kalian gunakan pada perangkat tersebut.

Aplikasi ini mudah untuk dijalankan oleh para pemula ataupun amatir sebab fitur yang mudah untuk dipahami, tetapi ada beberapa fitur yang sedikit rumit yaitu pada fitur pembuatan sketsa atau doodle dimana membutuhkan keahlian dasar dalam pembuatannya. Nah setelah selesai berkreasi pada foto kalian, kalian bisa langsung menyimpannya ke ponsel kalian, atau kalian pun bisa membagikan foto tersebut ke sosial media kalian.

4. Photo Lab

Aplikasi yang satu ini bsia memberikan sentuhan unik pada foto kalian, aplikasi ini bernama Photo Lab Picture Editor & Art Face Editing Filter. Aplikasi ini mempunyai koleksi lebih dari 900 efek berbeda seperti montase foto realistis, filter foto bergaya, bingkai yang indah, efek artistik kreatif, kolase untuk banyak foto dan sebagainya.

Aplikasi ini pun memiliki antarmuka yang sederhana serta intuitif sehingga cukup mudah untuk digunakan walaupun kalian adalag seorang pemula. Aplikasi ini pun memiliki fitur dasar yang dibutuhkan dalam sebuah aplikasi edit foto seperti cut, rotate, pencahayaan, ketajaman hingga sentuhan.

Tidak hanya itu, kalian pun bisa menyimpan foto hasil editing kalian pada memori ponsel atau membagikannya dengan mudah ke Twitter, Facebook, Instagram atau mengirimkannya sebagai pesan kepada teman kalian. Aplikasi ini sudah didownload oleh lebih dari 100 juta pengguna Android dengan rating 4,4 bintang dari 2 juta ulasan.

5. SnapSeed

Aplikasi yang satu ini menjadi pesaing berat bagi semua aplikasi edit foto lainnya. Hal itu dikarenakan aplikasi ini dibuat oleh perusahaan teknologi terbesar di dunia yakni Google. Banyak fotografer professional sudah menggunakan aplikasi ini.

Alasan mengapa aplikasi ini menjadi salah satu yang terbaik serta banyak dipakai adalah karena tools yang ada di dalamnya begitu lengkap. Tools yang menjadi unggulan dari aplikasi ini adalah bisa membuka serta mengolah file RAW DNG tanpa merusak file RAW serta menyimpannya dalam bentuk RAW atau JPG. Selain itu, fitur bursnya mempunyai pilihan seperti exposure, saturation, brightness, serta warmth.

Fitur lainnya yang ada di dalam aplikasi ini adalah tonal, kontras, tune, image, vignette serta orientasi pengaturan foto lainnya. Snapseed pun hadir dengan antarmuka yang ramah dan juga mudah untuk dijalankan, kalian hanya perlu mengetuk layar serta membuka file atau tools apa yang ingin kalian gunakan.

Aplikasi ini sudah didownload oleh lebih dari 100 juta pengguna Android dengan perolehan rating 4,5 bintang dari 1 juta ulasan. Untuk kalian para pengguna iPhone jangan khawatir, walaupun dibuat oleh google aplikasi ini juga bisa kalian nikmati.

6. VSCO

Aplikasi VSCO mempunyai keunggulan yang memberikan puluhan filter dengan konsep film analog atau vintage. Fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini pun sangat menarik serta lebih artistik. Selanjutnya, filter tersebut masih bisa dikulik dengan mengatur adjustment sampai memberikan efek vignette.

Tetapi fitur yang tersedia di dalam aplikasi VSCO tak semuanya gratis, untuk bisa mengakses filter yang lebih aesthetic lainnya, kalian diharuskan untuk upgrade ke versi VSCO Premium.

7. Adobe Photoshop Lightroom

Lightroom tidak jauh beda dengan aplikasi edit foto melalui PC besutan perusahaan pengembang perangkat lunak (software) terbesar yaitu Adobe. Cara kerjanya juga hampir mirip dengan Adobe Photoshop.

Aplikasi ini mempunyai banyak pilihan efek yang menarik. Selain itu aplikasi ini juga bisa memperbaiki foto dengan meningkatkan kualitasnya, hasilnya foto lebih tajam serta tidak menghasilkan blur.

Menariknya lagi, aplikasi ini bisa menghilangkan noda jerawat di wajah dengan bantuan fitur adjustment brush serta spot removal. Kalian pun bisa merubah latar belakang foto dengan gambar yang kalian inginkan.

8. Unfold

Aplikasi Unfold sengaja didesain untuk para pengguna Instagram yang sring mengunggah momen di fitur instasotry, apalagi bagi pengguna yang mempunyai ketertarikan pada editing foto yang artsy atau mempunyai nilai seni tinggi.

Aplikasi ini menawarkan berbagai template yang artistik dengan ketersediaan font yang sangat artsy. Pengguna mulai tahun ini pun bisa mengedit foto biasa atau video menjadi format GIF atau foto gerak singkat.