DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Bagaimana Memilih Partner Bisnis yang Cocok untuk Anda

Bagaimana Memilih Partner Bisnis yang Cocok untuk Anda

Merintis sebuah bisnis memang bukan lah hal yang mudah, segala hal perlu dipikirkan dengan benar dan tepat. Saat Anda belom yakin untuk merintis sebuah bisnis sendirian, mencari partner bisnis adalah pilihan yang tepat. Secara garis besar partner bisnis adalah rekan kerja yang akan membantu kita untuk mengembangkan bisnis tersebut. 

Memilih partner bisnis tidaklah mudah, jika salah memilih, bisnis Anda akan terancam. Bukannya keuntungan yang diraih, melainkan bisnis mendapat rugi bahkan tutup dikarenakan perselisihan yang panjang antara Anda dengan partner bisnis Anda. Tidak semua partner bisnis menjadi orang yang tepat. Maka dari itu, Anda harus lebih selektif dalam memilih partner bisnis, berikut ini hal-hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan saat memilih partner bisnis. 

1. Memiliki Visi & Misi yang Sama

Dalam merintis dan mengembangkan sebuah bisnis, visi dan misi adalah sebuah fondasi yang sangat penting. Pastikan bahwa calon partner bisnis tersebut memiliki visi dan misi yang sama dengan Anda. Karena jika tidak, maka bisnis yang sedang dijalani tidak akan jelas pergi kearah mana, sesuai dengan yang Anda inginkan atau malah sebaliknya. Oleh sebab itu, sebelum memilih partner bisnis, coba pastikan dulu jika visi dan misi kalian sama dan tidak menyimpang kemana-mana. Maka bisnis akan berkembang dan bertumbuh. 

2. Dapat Melengkapi Satu sama Lain

Kebanyakan orang cenderung lebih nyaman jika bekerja dengan seseorang yang memiliki latar belakang yang sama dengan kita. Namun lebih baik apabila mencari partner bisnis yang memiliki latar belakang yang berbeda dengan latar belakang Anda. Karena setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, maka saat Anda mencari partner bisnis, akan lebih baik jika mengenal kekurangan dan kelebihan Anda sendiri, lalu carilah partner yang melengkapi kekurangan tersebut supaya dapat mengimbangi dalam menjalankan bisnis Anda. 

3. Memiliki Jaringan Kerja (Network)

Cara yang paling cocok untuk menemukan partner bisnis adalah dengan lewat networking atau jaringan dalam bisnis. Jika Anda dan partner bisnis Anda memiliki jaringan yang luas, maka peluang untuk menuju kesuksesan sebuah bisnis pun menjadi lebih besar, karena networking adalah salah satu penentu kesuksesan dari sebuah bisnis. Maka tempatkan diri Anda di sebuah komunitas yang sesuai dengan bisnis yang dijalani, dan cobalah untuk lebih banyak bertemu dengan banyak orang. Karena bisa saja salah satu diantara mereka mau menawarkan kesempatan yang menarik atau menawarkan sebuah kerjasama dalam bentu partner bisnis kepada Anda. 

4. Dapat Berkomunikasi dengan Baik

Ketika Anda bekerjasama dengan partner Anda, tentunya akan menghasilkan beberapa keputusan bersama untuk menjalankan bisnis. Karena itu sangatlah dibutuhkan komunikasi yang efisien dan efektif agar tidak terjadi kesalahan saat mengambil langkah yang dapat menimbulkan kerugian pada perusahaan. Komunikasi yang baik juga dapat berpengaruh terhadap motivasi perusahaan serta efisiensi kerja pada seseorang. Maka carilah seorang partner yang dapat berkomunikasi dengan baik dan dapat menerima serta memberi masukan satu sama lain.

5. Berkomitmen

Pastikan bahwa partner bisnis Anda benar-benar memiliki komitmen untuk merintis dan menjalankan sebuah bisnis bersama. Jika partner tersebut tidak memiliki komitmen pada bisnis ini dan hanya menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan, maka partner bisnis Anda tidak akan memberikan 100% perhatian serta kemampuannya pada bisnis yang kalian jalani. Maka carilah partner bisnis yang benar-benar berkomitmen untuk menjalankan bisnis tersebut, komitmen ini sangatlah penting karena bisnis akan selalu mengalami yang namanya naik dan turun.

Itulah beberapa hal yang dapat dipertimbangkan saat memilih atau menentukan siapa partner bisnis yang cocok untuk Anda.

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia