DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Baru Memulai Bisnis Online, Investasikan Modal Anda pada Hal-Hal Berikut

Baru Memulai Bisnis Online, Investasikan Modal Anda pada Hal-Hal Berikut

Memulai bisnis online memang tidak harus memiliki modal yang sangat besar, bahkan banyak pebisnis online memulai bisnisnya tanpa modal sama sekali. Namun tidak sedikit juga pebisnis yang sudah menyiapkan modal yang sangat besar untuk diinvestasikan ke dalam bisnisnya. 

Permasalahannya tidak semua pebisnis paham harus dialokasikan kemana uang yang mereka miliki, apakah harus dibelanjakan pada produk? sewa ruko dan kantor? sehingga ketika mereka menginvestasikan pada bagian yang tidak dibutuhkan, investasi tersebut menjadi sia-sia. 

Nah, bagi Anda yang baru memulai bisnis online, daripada menghabiskan modal bisnis untuk hal yang belum tentu dapat menghasilkan, lebih baik investasikan modal Anda pada hal-hal berikut.

1. Investasi Aset

Jika dalam bisnis konvensional atau offline, aset dalam bisnis bisa dalam bentuk aset fisik seperti kantor, toko, peralatan kantor kendaraan dan sebagainya. Dalam bisnis online aset yang dimaksud sedikit berbeda. 

Dibanding memikirkan untuk sewa ruko, gudang atau kantor, alangkah baiknya Anda memikirkan untuk menginvestasikan uang Anda pada aset digital bisnis Anda. Sebut saja salah satunya website dan mobile apps jika diperlukan. 

Anda juga bisa berinvestasi pada konten, karena pada bisnis online ini konten harus menjadi salah satu aset yang mampu menarik calon customer. Konten disini bisa berupa konten social media, youtube dan juga konten pada website.

2. Investasi Marketing

Bisnis tidak akan berkembang jika tidak melakukan investasi marketing, meskipun Anda memiliki produk atau jasa yang berkualitas sekalipun. Investasi marketing memiliki banyak rintangan, karena sistem marketing tidak selalu memberikan dampak langsung pada perkembangan bisnis Anda, tetapi akan menghasilkan setelah beberapa waktu kedepan. 

Investasi yang satu ini bisa saja memerlukan dana yang cukup besar, tergantung pada strategi marketing yang bisnis Anda jalankan. Namun dengan strategi dan eksekusi yang tepat, investasi marketing ini akan memberikan keuntungan pada perkembangan bisnis di jalani.

3. Investasi Tim Kerja

Sebagai pemilik bisnis seharusnya Anda memahami jika Anda tidak bisa berjalan sendirian. Anda membutuhkan tim yang kompak dan memiliki visi misi yang sama. Maka dari itu tim kerja adalah salah satu dari aset paling berharga di dalam sebuah bisnis. 

Anda perlu membangun tim kerja yang handal dan profesional, termasuk membekali mereka dengan ilmu dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam bisnis tersebut, sehingga tim ini dapat sejalan dan memberikan hasil yang baik untuk perkembangan bisnis Anda. Untuk mendapatkan tim kerja seperti ini, Anda perlu berinvestasi dengan memberi motivasi, memberi pelatihan khusus, memberi bonus pencapaian.

4. Investasi Leher ke Atas

Mungkin kebanyakan orang masih bingung apa maksud dari investasi leher ke atas ini, namun singkatnya investasi leher ke atas adalah investasi ilmu yang membutuhkan proses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, keahlian, keterampilan. 

Dari semua investasi modal, investasi leher ke atas yang seharusnya Anda dahulukan. Untuk menambah kapasitas diri dan keahlian, karena otak membutuhkan harta yang berharga yaitu ilmu, dengan cara investasi leher ke atas. Jika ingin menjadi sukses, Anda membutuhkan ilmu dan strategi yang tepat. Dengan mengikuti workshop, seminar, belajar/training dari ahlinya, dan membaca buku dalam bidang yang Anda butuhkan, secara tidak langsung Anda sudah melakukan investasi ini.

Bisnis harus dijalankan dengan berbagai macam langkah yang tepat, termasuk dengan melakukan investasi. Sama dengan investasi lainnya, investasi bisnis dilakukan yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal dari sebelumnya. Lakukan investasi bisnis, agar bisnis yang Anda jalankan dapat berjalan cepat dan mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia