DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Cara Mengoptimasi Channel Youtube Agar Memiliki Banyak Viewers dan Subscriber dalam Membangun Brand Anda

Cara Mengoptimasi Channel Youtube Agar Memiliki Banyak Viewers dan Subscriber dalam Membangun Brand Anda

Youtube menjadi salah satu kanal penting untuk dilirik sebagai media promosi. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus pertimbangkan kesempatan untuk menjaring pelanggan melalui kanal video ini. Mengapa? 

Dikutip dari id.techinasia.com bahwa perlahan Youtube mulai menggantikan televisi. Dari 1500 responden yang mengikuti survey, mengatakan bahwa 57% mereka menonton tv setiap hari dan 53% menonton melalui kanal youtube setiap hari. Inilah alasan mengapa banyak brand yang berlomba-lomba untuk mengoptimalkan Channel Youtube mereka sebagai sarana promosi tambahan.

Dalam menjaring viewers untuk melirik Channel Youtube Anda memang tidak mudah. Bukan hanya soal upload lalu terpublikasikan, tapi ada kiat-kiat khusus untuk menjadikan konten video ada berada dalam pencarian teratas. Apa saja yang harus Anda lakukan agar mudah ditemukan oleh pengguna youtube? Berikut ini adalah tips dari kami.

Kualitas Video

Kualitas adalah hal yang paling penting agar pengguna betah menonton video Anda. Jika konsep video Anda sudah menarik namun tak kunjung memiliki banyak viewers, bisa jadi penyebabnya adalah karena kualitas video yang Anda unggah terlalu kecil sehingga gambar yang dihasilkan terlihat pecah-pecah. 

Secara kualitas konsep usahakan video yang Anda tampilkan merupakan video original milik Anda. Hal tersebut juga membantu menjaga kredibilitas brand Anda sebagai brand yang terpercaya. Jangan lupa untuk menampilkan konten yang sesuai dengan persona brand Anda. 

Gunakan Keyword yang Sesuai 

Sama seperti membuat blog, ketika Anda ingin membuat konten video, maka Anda harus tahu kata kunci (keyword) tertentu yang ingin dibahas. Mulailah dengan mencari kata kunci terkait yang populer pada Google Research Keyword Tools, lalu masukan kata kunci yang sesuai dengan konten video Anda. 

Optimasi Judul dan Deskripsi

Tipsnya adalah selain menuliskan kata kunci di bagian judul, Anda juga harus menaruh kata kunci yang ingin kamu optimasi pada dua kalimat pertama video. Algoritma search engine Youtube yang bawahannya Google ini mengindex berdasarkan meta halaman. Namun jangan ditulis berulang-ulang terlalu sering, karena tidak akan membantu untuk mengoptimasi video youtube yang Anda buat.

Thumbnail Video yang Menarik

Gunakan thumbnail atau video cover yang menarik agar mudah dibaca oleh para pencari video di Youtube. Gunakan bahasa ajakan atau yang bikin penasaran agar pengguna mau melirik video Anda. Hati-hati dalam membuat thumbnail, kata-kata yang digunakan sebagai cover harus nyambung dengan video yang Anda buat. Jangan sampai viewers merasa tertipu dan meninggalkan respon buruk pada video dan channel youtube Anda.

Gunakan Youtube Cards

Youtube memberikan fitur tambahan untuk channel yang punya jam tontonan panjang yaitu Youtube Cards. Dimana Pemilik Channel  video bisa menaruh link-link tertentu yang bisa di klik oleh penonton di atas video. 

Nah biasanya kalau Anda perhatikan beberapa channel Youtube yang sudah besar suka menaruh link video rekomendasi yang dianjurkan untuk dilihat selanjutnya, link untuk ajakan subscribe atau memberikan link untuk menuju ke toko online atau website. Dalam video analytics yang disediakan, Youtuber bisa melihat di menit ke berapa banyak orang berhenti menonton. Karena Youtube lebih suka user untuk nonton lebih lama karena bisa menampilkan iklan, maka Anda bisa memanfaatkan cards ini di titik-titik tersebut agar user tetap nonton video kamu lainnya.

Manfaatkan Fitur Playlist Video

Ketika video Anda telah selesai ditonton, Youtube biasanya akan menampilkan daftar rekomendasi video yang bisa ditonton selanjutnya oleh user. Bisa jadi milik Anda sendiri, bisa juga dari channel lain. Untuk membuat user betah berlama-lama dengan konten video Anda, salah satunya adalah dengan membuat playlist video.  Banyak orang yang tidak tahu bahwa ada cara untuk mentrigger playlist melalui link. Cara ini bisa dipadukan di Youtube cards atau menaruh linknya di deskripsi video.

Ajak Agar Pengguna Meninggalkan Komentar

Usahakan dalam video yang Anda produksi dapat mendorong pengguna agar meninggalkan komentar pada kolom komentar. Konten Anda harus memberikan efek impulsif kepada pengguna agar mereka sukarela meninggalkan komentar tanpa perlu ada minta. Dengan engagement yang tinggi pada video konten Anda, maka Youtube akan menganggap bahwa video Anda digemari dan perlahan dinaikan untuk mencapai pencarian teratas.

Mengaktifkan Fitur Related Channel

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan channel Youtube adalah mematikan fitur “related channels” dimana berfungsi untuk menampilkan channel yang mirip dengan channel dengan punya Anda.

Tentunya alasan yang paling banyak didengar adalah tidak ingin channel milik kompetitor terlihat di kolom yang sama. Padahal dengan mematikan fitur ini, Anda juga dihilangkan dari rekomendasi Youtube di channel lain. Ini artinya Anda kehilangan efek network yang disediakan Youtube.

Masukan Tag Video dengan Kata Kunci

Ketika Anda mengunggah video Anda pada youtube, ada kolom tag yang bisa Anda isi dengan kata-kata kunci. Hal ini akan membantu untuk mengoptimasi video ada pada algoritma pencarian video Youtube. Isilah kata kunci yang sesuai dengan konten video Anda agar viewers yang mengakses video Anda sesuai dengan target market Anda. 

Unggah ke Berbagai Media Sosial

Gunakan campaign menyeluruh dengan mengupload konten video youtube atau mencantumkan link video youtube Anda pada media sosial brand Anda. Dengan begitu akan membantu mempermudah penyebaran konten video Anda dan otomatis meningkatkan jumlah viewers pada channel youtube Anda.

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia