DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Industri 4.0 – Dampak dan Tantangan yang Akan Dihadapi Oleh Bisnis Online

Industri 4.0 – Dampak dan Tantangan yang Akan Dihadapi Oleh Bisnis Online

Tahukah Anda bahwa kita telah memasuki era industri 4.0? Mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan istilah ini

Lalu apa sih industri 4.0? 

Menurut definisi World Economic Forum, revolusi industri 4.0 adalah disrupsi teknologi internet ke dalam proses produksi agar proses pengolahan barang dan jasa bisa lebih efisien, cepat, dan massal. Hal ini ditandai dengan penggunaan teknologi robotik, rekayasa intelektual, Internet of Things (IoT), nanoteknologi, hingga sistem yang disebut sistem komputasi awan (cloud computing). 

Nah bagi Anda yang belum mengerti apa itu industri 4.0 sekarang sudah mendapat gambaran bukan? 

Sebelum kita membahas tantangan apa saja yang akan dihadapi bisnis online di era ini, terlebih dahulu kita akan membahas beberapa dampak yang timbul di era revolusi industri 4.0 ini.

Beberapa Dampak dari Industri  4.0

Mengaburkan Batasan 

Industri 4.0 sangat berbasis kepada internet. Internet  sangat mempermudah kita dalam mengakses segala hal, mau berteman dengan orang luar negeri? Ada internet dan sosmed. Mau membeli barang tapi produk tidak ada di dalam negeri? Ada Amazon dan Alibaba. Mau meeting tanpa perlu repot menempuh jarak jauh dan malas macet-macetan? Tenang, ada yang namanya video conference. Ingin belajar tapi tidak punya cukup banyak waktu/biaya? Ada youtube, blog, e-book gratis, dan website gratis untuk belajar suatu skill tertentu. Hampir semuanya bisa dilakukan dengan internet! 

Ancaman Pengangguran

Karena kecanggihan teknologi, beberapa lapangan pekerjaan untuk manusia diprediksi akan semakin sedikit. Sekarang semakin banyak kecerdasan buatan ( Artifical Inteligence ) yang dapat menyerupai kemampuan manusia. Namun, tidak semua sektor akan dikuasai AI dan robot.  

PwC dan OECD mengatakan sektor yang akan diuntungkan dari kecerdasan buatan adalah pendidikan, pekerjaan yang berkaitan dengan teknis dan sains, akomodasi dan jasa makanan, serta informasi dan komunikasi. Alasannya, pekerjaan ini lebih kompleks dan tugasnya lebih khusus. Sementara, sektor yang mendapatkan pengaruh buruk dari kecerdasan buatan adalah keuangan dan asuransi, ritel, konstruksi, administrasi publik, transportasi, serta manufaktur. Tetapi banyak juga para ahli yang berpendapat bahwa munculnya AI dan robot akan menciptakan lapangan pekerjaan baru lebih banyak daripada jumlah lapangan pekerjaan yang hilang.

Bisnis dan Pekerjaan Berbasis Digital Semakin Menjamur

Perusahaan berlomba-lomba untuk berlari dari konvensional menuju digital. Contohnya  Alibaba yang sekarang menerapkan digital commerce, digital media and entertainment, teknologi, retail, financial services, customer insight, travel and ticketing, automotive, dan healthcare. 

Bisnis di Indonesia pun kini lebih banyak berbasis digital. Pertumbuhan startup (bisnis rintisan yang biasanya berbasis digital) pun tak terbendung, dengan modal laptop dan internet Anda sudah bisa memiliki bisnis Anda sendiri! Bahkan sekarang usaha makanan pun sudah memasuki dunia digital dengan memanfaatkan ojek online atau memiliki aplikasi pemesanannya sendiri.

Tantangannya pada Bisnis Online

Lalu apa saja tantangan Industri 4.0 pada bisnis online? Kita telah membahas dampak industri 4.0 di atas, dari dampak-dampak yang timbul kita dapat menyimpulkan bahwa pada era ini semua bisa punya bisnis sendiri bahkan hanya dengan bermodalkan laptop dan internet, kini anak sekolahan pun bisa mempunyai bisnisnya sendiri, sangat berbeda dengan era dahulu! 

Hal ini berarti pesaing bisnis kita akan semakin banyak karena siapa saja bisa berbisnis dengan mudah. Di era ini kita dituntut harus kreatif agar standout diantara pesaing-pesaing kita. Industry 4.0 ini akan diisi oleh para milenial, milenial menyukai sesuatu yang unik dan out of the box maka dari itulah pentingnya kreativitas di era ini. 

Selain itu sebagai pelaku bisnis online Anda harus mengerti dan up to date tentang teknologi dan teknis platform yang anda pakai. Misalnya jika bisnis Anda menggunakan Instagram sebagai tempat promosinya, maka Anda harus mengerti bagaimana algoritma instagram bekerja, atau jika bisnis Anda berbasis di website Anda setidaknya harus mengerti sedikit tentang SEO optimization. 

Anda harus bisa bersahabat dengan kemajuan dan perubahan teknologi serta belajar dengan cepat dan memiliki kemampuan berkolaborasi, atau tidak industri 4.0 akan menjadi ancaman. Selain itu, apapun eranya, soft skill memegang peranan penting dalam menghadapi tantangan di dunia bisnis.

Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda!

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia