DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Kapan Waktu yang Tepat Bisnis Harus di Franchise-kan?

Kapan Waktu yang Tepat Bisnis Harus di Franchise-kan?

Saat ini Anda dapat melihat begitu banyak bisnis kopi kekinian yang menjamur di mana-mana. Bahkan hampir di setiap sudut kota Anda bisa menemukan kedai kopi dengan konsep grab and go ini. Pernahkah Anda berpikir, bagaimana ya caranya memiliki cabang banyak? Keinginan untuk mengembangkan bisnis tentunya ada pada siapapun. Apalagi membayangkan bahwa bisnis yang kita miliki dapat memiliki cabang dimana-mana terutama di kota-kota besar. 

Franchise atau Waralaba adalah salah satu jalan yang dapat menciptakan peluang agar bisnis Anda dapat hadir dimanapun untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Lalu apa itu Franchise? Bagi Anda yang masih asing dengan istilah Franchise atau Waralaba Anda bisa banyak mendapatkan informasi mengenai model bisnis ini pada situs internet. 

Menurut wikipedia Waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Berdasarkan perundang-undangan di Indonesia, waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Jika Anda berminat untuk mulai mewaralabakan bisnis Anda, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulainya. Jika beberapa hal dibawah ini belum terpenuhi ada baiknya menunda niatan Anda dan kembali mempertimbangkan untuk mewaralabakannya dikemudian hari. Lalu apa saja hal penting tersebut? 

1. Merk Dagang Harus Terdaftar

Sebelum Anda memulai mewaralabakan bisnis Anda, ada baiknya merk dagang bisnis Anda sudah terdaftar pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Untuk menghindari klaim merk dagang yang Anda miliki dari pesaing bisnis maupun calon rekan waralaba yang memiliki niat tidak baik. Salah satu cara untuk mendaftarkan merek dagang bisa Anda lihat pada tautan http://www.dgip.go.id/ . Situs tersebut merupakan situs resmi milik Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia. 

2. Standar Operasional Prosedur (SOP) yang Sudah Dibakukan

Agar tidak menimbulkan simpang siur cara menjalankan operasional Anda di kemudian hari, Anda perlu membakukan standar operasional dalam menjalankan bisnis Anda. Hal ini penting agar kualitas produk dan layanan Anda dapat terjaga, sehingga akan meminimalisir kesalahan dalam menjalankan kegiatan operasional harian. Jangan sampai ada keluhan dari pelanggan akibat perbedaan kualitas produk dan layanan antara cabang waralaba Anda di kemudian hari. Jika Anda merasa kesulitan dalam membuat Standar Operasional, Anda bisa meminta bantuan jasa konsultan bisnis untuk menyusunya

3. Perhitungan Nilai Investasi

Lakukan perhitungan investasi secara matang sebelum Anda mewaralabakan bisnis Anda. Investasi yang dimaksud dalam hal ini adalah Franchise Fee dan Royalty Fee. Franchise Fee adalah biaya yang harus dibayar agar seseorang dapat mengoperasikan sebuah franchise dari sebuah perusahaan yang lebih besar dan menikmati keuntungan dari franchise tersebut. Sedangkan Royalty Fee adalah biaya yang dibayarkan oleh franchisee kepada franchisor selama masa franchise berlaku. Besaran Franchise Fee dan Royalty Fee berbeda-beda tergantung model bisnis dan juga diukur dari kekuatan suatu brand. Anda harus bijak dalam menentukan besaran agar sama-sama menguntungkan antara Anda dan calon franchisee.

4. Memiliki Aturan Kerjasama 

Setelah menentukan besaran biaya Franchise Fee dan Royalty Fee, Anda harus memiliki aturan kerjasama yang jelas dan adil bagi kedua belah pihak. Termasuk di dalamnya mengatur hak dan kewajiban bagi franchisee dan franchisor. Segala bentuk penyelesaian masalah hingga rentang waktu perjanjian izin menggunakan merek dagang juga perlu dicantumkan. 

5. Mengantongi Sertifikat Pendaftaran Waralaba

Agar segala mekanisme yang telah Anda  buat lebih lancar saatnya Anda mendaftarkan bisnis Anda ke kementerian perdagangan untuk mendapatkan Surat Tanda Pendaftaran Waralaba. Untuk mendapatkannya Anda hanya perlu memenuhi beberapa persyaratan yang dapat Anda akses dari website resmi kementerian perdagangan disini .

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia