DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Lakukan Hal Ini Sebelum Melakukan Social Media Marketing Pada Bisnis Anda

Lakukan Hal Ini Sebelum Melakukan Social Media Marketing Pada Bisnis Anda

Sebuah bisnis akan ditinggalkan customernya jika dia tidak memiliki akun social media, benarkah?

Jika sebuah brand atau bisnis berbicara tentang social media, mereka akan bicara tentang behavior. Karena pada saat ini bagi setiap orang di penjuru dunia, social media sudah menjadi gaya hidup bahkan seperti kebutuhan yang wajib dipenuhi, untuk itu menggunakan social media menjadi sebuah kebiasaan bagi kita. 

Maka jika dibilang sebuah bisnis akan mati jika tidak memiliki social media, bisa benar terjadi. Bagaimana mungkin bisnis tersebut mengetahui apa yang customer mereka inginkan, jika bisnis tersebut tidak mengikuti kebiasaan dari customernya. 

Namun masalah lainnya, tidak semua orang paham bagaimana menggunakan social media untuk kebutuhan bisnis. Asal posting, yang penting aktif dan eksis mereka rasa sudah cukup. Padahal ada banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk beberapa hal yang berikut yang harus dilakukan sebelum memulai social media marketing

1. Menentukan Target Market 

Untuk hal yang harus dilakukan sebelum Anda melakukan social media marketing adalah menentukan target market Anda. Menentukan target market akan sangat membantu dalam proses marketing bisnis Anda. Dengan menentukan target usia, pekerjaan, pendapatan, minat, masalah, hambatan, kebiasaan, hal yang paling disukai, motivasi, maka akan lebih mudah dan akan menghabiskan biaya pemasaran yang lebih murah untuk menargetkan calon pelanggan Anda di sosial media. Semakin spesifik target calon pelanggan Anda, maka konversi yang didapatkan dari setiap iklan atau postingan akan lebih besar.

2. Perhatikan Visual

Sebelum calon pembeli membaca tujuan postingan Anda, yang dilihat dari calon pembeli terlebih dahulu adalah konten visual yang Anda miliki. Oleh karena itu konten visual untuk pemasaran sangatlah penting. Mulai dari pemilihan gambar dengan kualitas bagus, penempatan kata-kata yang mudah dibaca orang lain, hingga desain yang mengikuti tren jaman sekarang. Dengan konten visual yang menarik, maka akan lebih mudah untuk menarik minat calon pembeli. Dengan begitu mereka akan lanjut ke tahap dimana mereka mau menyimak atau membaca tujuan dari postingan Anda.

3. Riset Kompetitor

Riset kompetitor juga termasuk bagian penting dalam menjalankan sebuah social media marketing. Dengan menganalisa strategi konten mereka, maka Anda dapat mengintegrasikan strategi mereka yang akan berhasil dalam bisnis Anda sendiri. Perhatikan jenis konten apa yang mereka posting beserta konteksnya seperti memposting humor, horror, promosi, dll. Dan hal yang paling penting adalah memperhatikan bagaimana kompetitor Anda berinteraksi dengan pelanggan atau followers mereka.

4. Pemilihan Waktu Posting

Pemilihan waktu untuk posting sebuah konten sangat berpengaruh terhadap sebuah engagement. Akan lebih efektif bila memilih waktu posting dimana saat para pelanggan Anda aktif bermain sosial media. Memilih waktu dimana para pelanggan Anda bermain sosial media di saat pagi, siang maupun malam, di hari apa aja mereka lebih sering aktif bermain sosial media. Dengan memilih waktu yang sesuai dengan pelanggan Anda, maka akan lebih banyak engagement yang Anda dapatkan dari pelanggan.

5. Copywriting yang Menarik

Dan yang terakhir adalah menulis copywriting yang dapat menarik minat para calon pelanggan Anda. Pemilihan font yang cocok dengan bisnis yang sedang dijalankan, mengatur besar maupun kecilnya font untuk menarik minat pembaca, dan banyak lagi. Mungkin banyak orang berpikir bahwa copywriting adalah hal yang tidak penting untuk menjalankan sebuah social media marketing. 

Sebagus-bagusnya konten visual yang Anda posting, namun tidak ada orang yang menyukai postingan foto tanpa adanya tulisan. Selain kurang komunikatif, calon pelanggan akan menilai bahwa postingan Anda kurang maksimal dan kurang menarik. Namun dengan ditambahkan sedikit copywriting yang menarik maka engagement yang didapatkan pun bertambah secara drastis. Jadi jangan berpikir jika copywriting tidak memiliki manfaat atau kelebihan. 

Demikian beberapa hal yang harus dilakukan sebelum melakukan social media marketing. Dengan mengikuti beberapa hal diatas, dapat memudahkan Anda untuk mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalani melalui Social Media Marketing. 

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia