DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Mengenal Dropship dan Reseller, Langkah Awal untuk Memulai Bisnis Online

Mengenal Dropship dan Reseller, Langkah Awal untuk Memulai Bisnis Online

Memulai bisnis online dengan modal kecil atau tanpa modal sekalipun, sepertinya terdengar mustahil. Tapi kenyataannya itu bisa dilakukan, salah satunya dengan menjalankan bisnis secara dropship atau reseller.

Banyak yang terbukti sukses dalam memulai bisnis online secara dropship atau reseller, dan keduanya bisa dilakukan dengan tanpa Anda memiliki produk sekalipun. Untuk lebih mudah memahaminya, mari kita mengenal keduanya dari dasar

Apa itu Dropship?

Dropship adalah salah satu model bisnis yang mana kita bisa jual produk tanpa harus memiliki produk tersebut dan tanpa harus memiliki stock produknya sekalipun. yang perlu kita lakukan adalah cari produk yang ingin dijual, cari suppliernya dan cari  konsumennya. 

Lho, apa bedanya dengan bisnis yang lain? 

Bedanya adalah, produk tersebut bukan milik kita tapi milik supplier, dan stock produk juga adanya di supplier bukan di kita. Untuk proses bisnisnya biasanya sebagai berikut : 

  • Sebagai Dropshipper (sebutan untuk pebisnis dropship), kita akan mencari produk yang akan kita jual
  • Lalu kita akan mencari supplier yang memiliki produk tersebut
  • Selanjutnya, kita akan tawarkan produk tersebut ke calon pembeli
  • Pembeli order ke kita, dan kita akan minta 

Sekilas Dropshipper terlihat sangat mirip dengan bisnis reseller yang selama ini mungkin sudah kalian dengar. Terdengar seperti Dropshipper lah yang menjadi penjual pertama, padahal tugas dari Dropshipper hanya mempromosikan barang yang dimiliki supplier. 

Untuk mengenal lebih jauh tentang Dropship, mari simak kelebihan menjadi seorang Dropshipper. 

  1. Tanpa Modal

Jika memulai bisnis Dropship, kalian tidak memerlukan modal yang besar bahkan tanpa modal untuk memulai bisnis ini. Kalian tidak perlu restock barang dagangan, kecuali pembeli sudah melakukan transaksi atau beli. Tinggal meneruskan uang yang sudah diterima dari pelanggan dan langsung mengambil keuntungan. 

  1. Sangat praktis

Cara menjadi Dropshipper sangat praktis, memiliki prinsip yang sederhana. Oleh karena itu, sangat mudah untuk dilakukan. Dengan menampilkan foto barang dari supplier, dan menaikkan harga sesuai keinginan.

  1. Fleksibel

Dibandingkan dengan pekerja kantor, bisnis Dropshipper merupakan praktek yang jauh lebih fleksibel. Bahkan dapat menjalankan bisnis Dropship tanpa keluar rumah. Karena menjadi Dropshipper sangat fleksibel, tidak menutup kemungkinan semua orang dapat memulai bisnis ini. 

Apa itu Reseller? 

Kata reseller berasal dari kata re (kembali) dan seller (penjual) dan reseller dapat diartikan sebagai penjual kembali atau penjual ulang. Reseller adalah perusahaan atau individu yang membeli barang atau jasa yang bertujuan untuk dijual kembali.

Pada dasarnya Reseller membeli dan menyimpan barang dari distributor atau yang sering kita dengar adalah supplier. Supplier atau distributor ini biasanya membuat harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran, dan Reseller dapat mengambil keuntungan sendiri. 

Nah, mari simak keuntungan menjadi Reseller di era sekarang.

  1. Mendapat Harga Lebih Murah 

Salah satu keuntungan dari Reseller yaitu bisa mendapatkan harga barang jauh lebih murah, karena supplier membedakan harga untuk pembeli eceran dan harga untuk Reseller. Jadi, menjadi Reseller tidak akan mendapatkan harga yang mahal lagi. 

  1. Keuntungan Lebih Besar

Tingkat keuntungan penjualan akan terjamin, jika Reseller dapat mengambil keuntungan besar pada barang yang dijualnya. Mendapatkan harga murah dari supplier dan menjual kembali dengan harga yang lebih tinggi, akan sangat menguntungkan bagi Reseller. 

  1. Mudah Dijalankan

Keuntungan lainnya jika menjalankan bisnis Reseller adalah bisnis ini sangat mudah dijalankan baik untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman dibidang yang sama. Dikarenakan dalam menjalankan bisnis ini, tidak memerlukan persiapan yang ribet. Reseller hanya perlu memperdalam pengetahuan tentang barang atau produk yang akan dijual. 

Kesimpulan

Model bisnis Dropship dan Reseller sangat cocok untuk pemula yang ingin mulai merintis suatu usaha, karena kedua bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar. Bahkan pekerja kantoran pun bisa memiliki salah satu usaha ini, karena dapat dipraktekan dimana pun dan kapan pun. Masih ragu untuk memulai usaha sendiri? Jadi tunggu apa lagi.

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia