DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Mengenal Jenis-Jenis Pemasaran yang Bisa Dilakukan dalam Bisnis Online

Mengenal Jenis-Jenis Pemasaran yang Bisa Dilakukan dalam Bisnis Online

Di era globalisasi ini perkembangan teknologi terutama internet berkembang dengan sangat pesat, pengguna internet pun semakin hari semakin bertambah dari berbagai kalangan. Tidak heran jika para pebisnis sekarang banyak sekali yang membangun bisnis mereka dengan bantuan internet seperti memiliki website sendiri atau social media untuk bisnisnya sendiri.

Bisnis apapun pasti butuh pemasaran, begitu juga dengan bisnis di internet. Dibawah ini ada beberapa jenis pemasaran online yang efektif untuk bisnis anda

SEO (Search Engine Optimization)

Apa itu SEO?  SEO berarti optimasi terhadap website beserta segala aspeknya (konten, sistem, dll ) agar peringkatnya bagus di halaman hasil pencarian sebuah search engine. Kebanyakan pengguna internet mencari informasi melalui mesin pencari seperti  Google, Bing, Yahoo dan biasanya hasil yang muncul di halaman pertamalah yang akan diakses oleh mereka.  

Apa yang muncul di halaman pertama sebuah search engine merupakan page yang telah teroptimasi melalui SEO,  oleh karena itu SEO marketing menjadi hal penting yang harus dilakukan untuk menambah pengunjung website anda  dan mencari calon pelanggan.

SEM (Search Engine Marketing)

Bentuk pemasaran ini konsepnya sama dengan SEO (Search Engine Optimization), yaitu tentang bagaimana mengoptimasi website agar berada di halaman pertama Google. Namun keduanya memiliki strategi, proses dan waktu yang berbeda.

Jika Anda menggunakan strategi SEO, untuk menjadikan website Anda berada pada halaman pertama google membutuhkan waktu yang lumayan lama, biasanya minimal 3 bulan. Namun jika Anda menggunakan strategi SEM, dalam 1 hari website Anda bisa berada di halaman pertama.

Namun memang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Salah satu kelebihan SEO adalah tidak membutuhkan budget yang sangat besar untuk mengoptimasinya, dan ketika sudah berhasil berada dalam halaman pertama kita hanya perlu maintenance untuk mempertahankannya serta hasilnya pun bisa jangka panjang, dan kekurangannya tidak bisa berhasil dalam satu malam.

Sementara SEM kelebihannya bisa lebih cepat mendapatkan posisi halaman pertama, dan kekurangan optimasi SEM butuh budget yang tidak sedikit. Karena untuk optimasi ini hitungannya dalam bentuk CPC (Cost Per Click), artinya kita harus bayar google ketika ada yang klik website kita di halaman pencarian.

Social Media Marketing

Saat ini hampir seluruh pengguna internet mempunyai akun sosmed seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Sosial media adalah salah satu pasar paling potensial untuk pelaku bisnis online karena penggunanya sangat banyak. 

Berdasarkan hasil riset  Wearesocial dan Hootsuite yang dirilis Januari 2019 pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi, itu baru di Indonesia saja! 

Berdasarkan riset We Are Social 2018, 10 platform media sosial paling populer di Indonesia adalah sebagai berikut: YouTube, Facebook, WhatsApp, Instagram, LINE, BBM, Twitter, Google+, FB Messenger, dan LinkedIn. 

Apakah anda harus menggunakan semua social media untuk memasarkan bisnis Anda? Tentu saja tidak, sesuaikan saja dengan bisnis yang Anda jalani. Misalnya Anda memiliki bisnis studio foto, social media yang paling tepat adalah Instagram. Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan membuat sebuah grup, forum, page, atau account yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan.

Email Marketing 

Pemasaran online juga dapat dilakukan dengan cara email marketing. Pemasaran ini menggunakan media email untuk mempromosikan barang/jasa dengan mengirimkan langsung email kepada pelanggan. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh  Radicati Group, lebih dari 34% orang di seluruh dunia menggunakan surat elektronik semacam email. Data ini membuktikan betapa pentingnya email marketing untuk dilakukan. Email marketing adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia anda.

Affiliate Marketing

Dari sekian banyaknya jenis pemasaran bisnis online, affiliate marketing adalah salah satu yang paling populer. Affiliate marketing adalah sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut dapat menjual produk atau jasa seorang merchant atau perusahaan yang dipasarkan melalui internet dan membutuhkan jasa orang lain untuk menjual produk/jasanya. 

Pembayaran Affiliate marketing ini berbasis komisi, biasanya komisi affiliate marketing berkisar 20-40%. Agen yang memasarkan disebut Affiliate Marketer, tugas yang dilakukan oleh affiliate marketer adalah memasarkan dan mempromosikan produk/jasa sampai para pengunjung berminat untuk membeli produk yang ditawarkan.

Nah itulah beberapa jenis pemasaran bisnis online yang dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang dengan pesat. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan masukan Anda dalam memasarkan bisnis online Anda!

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia