DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Prinsip Bisnis Alm Bob Sadino yang Bisa Diterapkan Dalam Diri Anda

Prinsip Bisnis Alm Bob Sadino yang Bisa Diterapkan Dalam Diri Anda

“Kuliah itu goblok” Apakah Anda tahu mengenai pernyataan tersebut?

Jika tahu, Anda pasti mengenal sosok lelaki yang memiliki nama lengkap Bambang Mustari Sadino atau lebih dikenal sebagai Bob Sadino. Pernyataan beliau tersebut pernah terlontar ketika beliau sedang memberikan kuliah umum di suatu kesempatan. 

Meski beliau telah wafat pada 19 Januari 2015, namun beliau telah banyak meninggalkan inspirasi dan pelajaran tentang bisnis di negeri ini. Jika kalian bercita-cita menjadi sukses seperti Bob Sadino sah-sah saja, namun apakah Anda mampu mengikuti prinsip bisnisnya yang terkenal gila dan nyeleneh? Berikut ini adalah beberapa prinsip bisnis Alm.Bob Sadino yang mungkin bisa Anda terapkan.

Melangkahlah Tanpa Memiliki Tujuan, Lakukan Apapun yang Anda Ingin Lakukan

Bagi mendiang Bob Sadino, tujuan yang kita buat justru menjadi membuat kita hanya fokus untuk menggapai tujuan tersebut, padahal kemampuan yang kita miliki mampu menembus titik yang lebih jauh dari tujuan yang telah kita tetapkan. Maka teruslah melangkah dan lakukan apapun yang Anda ingin lakukan

Carilah Kegagalan dan Mau Merugi

Bagi Om Bob, keberhasilan merupakan proses panjang dari rentetan kegagalan. Jangan biarkan kegagalan mematahkan atau memundurkan semangat Anda dalam berkarya, tapi jadikanlah sebagai pembelajaran untuk memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan. Gagal bukanlah suatu kerugian, melainkan suatu keberkahan karena kita telah ditunjukan oleh yang maha kuasa bahwa kita pun bisa salah.

Jangan Jadi Orang Perhitungan, Lakukan Saja.

Jadi seorang pebisnis memang harus untung, kita harus memperhitungkan besar pendapatan dan beban yang dikeluarkan. Prinsip tersebut justru berbeda dengan apa yang dipegang oleh Bob Sadino, beliau pernah bilang  Kalau kita mencari untung duluan, usaha belum tentu dilakukan karena takut rugi. Tapi kalau mencari rugi, usaha pasti dilakukan karena ga takut untung”

Mending Jadi Bodoh Daripada Jadi Pintar

Loh kok begitu Om Bob? Kadang hal ini sulit dicerna oleh kita yang belum merasakan sukses ala Bob Sadino. Ternyata pesan yang inigin disampaikan adalah, ketika menjadi orang pintar akan banyak ide yang ingin kita realisasikan sehingga sulit untuk fokus pada tujuan, sedangkan menjadi orang bodoh idenya tak banyak sehingga bisa fokus pada tujuan dan merealisasikannya.

Berani Jadi Diri Sendiri

Sederhana, ketika terlalu banyak mengikuti tuntutan apa yang orang lain katakan tentang kita maka potensi besar dalam diri kita akan terkurung. Sedangkan seorang Bob Sadino memilih untuk tetap menjadi diri sendiri tanpa memusingkan apa yang orang lain sematkan pada dirinya sebagai “Orang Gila”, toh akhirnya waktu membuktikan bukan? Jadi lakukanlah apa yang menurut Anda paling baik untuk diri Anda.

Jangan Takut untuk Mencoba

Takutlah untuk tidak memiliki pengalaman sama sekali, namun jangan pernah takut mencoba. Begitulah kira-kira yang ingin disampaikan oleh Om Bob. Kalau Anda tidak pernah mencoba membuka jalan Anda sendiri maka Anda tidak akan pernah tau jalan mana yang akan mengantarkan kesuksesan buat Anda.

 Gelar Bukanlah Patokan Keberhasilan

Apapun gelar kelulusan yang telah Anda kantongi tak lantas menjamin keberhasilan Anda. Mendiang Bob Sadino lebih memilih untuk belajar dari jalanan dan masyarakat sekitar, karena bagi beliau apa yang telah diajarkan pada sekolah realitasnya tidak sama dengan apa yang ada di masyarakat. Beliau menjadi lebih bijak setelah mengerti apa yang terjadi di masyarakat, dan menciptakan peluang tersebut menjadi sebuah bisnis.

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia