DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Sempat di Anggap Bodoh, Inilah Kisah Sukses Sukyanto Nugroho dan Bisnis Es Teler 77-nya

Sempat di Anggap Bodoh, Inilah Kisah Sukses Sukyanto Nugroho dan Bisnis Es Teler 77-nya

Siapa yang tidak suka jajanan es? Rasanya hampir semua orang Indonesia suka dengan jajanan es. Bicara soal jajanan es, Es Teler 77 layak disebut sebagai salah satu bisnis jajanan es paling sukses di Indonesia. Tetap eksis selama 35 tahun, Es Teler 77 sudah memiliki ratusan gerai di Indonesia dan hebatnya lagi bisa ditemui di mancanegara seperti Malaysia, Singapura, dan Australia. Siapa sosok dibalik suksesnya Es Teler 77? Dan apa bagaimana perjalanan sukses mereka? Kita akan membahasnya untuk Anda.

Sosok Sukyatno Nugroho dan Perjalanan Es Teler 77

Ya, sosok sukyatno Nugroho adalah sosok dibalik suksesnya Es Teler 77. Walaupun sekarang beliau dikenal dengan kesuksesannya, pria kelahiran Pekalongan, 3 Agustus 1948 ini tidak terlalu pintar saat bersekolah dulu. Dia pernah tidak naik kelas sampai 2 kali dan dianggap bodoh oleh teman-temannya. Masa sekolahnya pun hanya ia selesaikan sampai SMP saja. Dikirim oleh ayahnya ke rumah pamannya di Jakarta karena tidak terlalu suka sekolah, Sukyatno diajari berdagang di sana.

Sejarah seorang pengusaha sukses biasanya memang dipenuhi rintangan. Segala profesi pernah Sukyatno lakukan untuk bertahan hidup di ibukota, mulai dari berjualan kancing baju, sisir, hingga alat elektronik. Selama menjadi salesman, disitulah beliau bertemu dengan sosok Yenny Setia Widjaja yang menjadi istrinya. Ia juga pernah menjadi pemborong pembangunan perumahan. Tapi naas beliau harus bangkrut dan jatuh miskin karena tanah dari rumah yang dia bangun masih dalam tahap sengketa, padahal rumah yang ia bangun atas pesanan dari departemen pemerintahan itu hampir selesai.

Akhirnya beliau rugi besar dan menanggung hutang yang banyak. Dari situlah beliau mencoba membuka usaha salon kecil-kecilan. Namun tak lama Sukyatno mencoba membuka usaha jajanan es teler yang saat itu sedang sangat laris. Berbekal modal 1 juta rupiah dan resep dari ibu mertuanya, Muniarti Widjaja, usaha es teler inilah yang kelak mengubah nasibnya. Tapi puncak keberhasilan tidak bisa diraih dalam sekejap, begitu juga dengan Es Teler 77.

Es Teler 77 memulai kisah suksesnya di kios kecil di Duta Merlin, Jakarta. Seringkali kios harus ditutup karena banjir akibat hujan yang lebat. Usaha kecil ini berjalan dengan cukup lancar, tetapi sebagai usaha kecil Es Teler 77 sering mendapat perlakuan tidak adil dari pihak manajemen gedung. Suatu saat pihak manajemen gedung menaikkan harga sewa kios 3 kali lipat dengan alasan yang tidak jelas, Es Teler 77 yang saat itu masih usaha kecil pun tak dapat berbuat apa-apa dan pada akhirnya menutup kios mereka dalam waktu singkat yang diberikan oleh pihak manajemen gedung.

 Tapi menyerah tidak ada dalam kamus hidup mereka, mereka membuka kembali gerai di sebelah gedung pertokoan Gajah Mada Plaza. Di lokasi ini bisnis mereka berkembang lebih pesat. Beberapa tahun kemudian terciptalah badan usaha swasta bernama CV Es Teler 77. Perusahaan ini kemudian berkembang dengan membuka beberapa cabang di Jakarta. Meskipun begitu Es Teler 77 seringkali mendapat perlakuan tidak adil oleh manajemen gedung yang lebih mementingkan merek asing.

Tapi hal tersebut tidak membuat mereka putus asa. Setiap 1 cabang yang mereka tutup mereka bertekad membuka 5 cabang baru, dengan itu muncul ide untuk menggunakan sistem franchise. Pada tahun 1987 franchise pertama Es Teler 77 dibuka di Solo. Sejak saat itu semakin banyak yang tertarik untuk bekerja sama dan membuka franchise Es Teler 77 dan semakin banyak outlet Es Teler 77 yang dibuka di seluruh Indonesia. Perkembangan ini tentunya membuat tim manajemen Es Teler 77 harus belajar semakin banyak lagi, untungnya tim manajemen Es Teler 77 siap untuk bekerja keras, terus belajar, dan memperbaiki diri yang sampai akhirnya membuat mereka ahli dalam hal franchise ini.

Itulah sekilas dari perjalanan sukses Es Teler 77. Keberhasilan yang diraih memang sangat setimpal dengan perjuangan dan kerja keras Sukyatno. Tekun, bekerja keras, pantang menyerah, dan mau untuk belajar memang pada akhirnya akan mengantarkan pada kesuksesan. Terus semangat, semoga menginspirasi!

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia