DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Tim Marketing Beserta Jobdesk yang Harus ada dalam Bisnis Anda

Tim Marketing Beserta Jobdesk yang Harus ada dalam Bisnis Anda

Salah satu peran terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis adalah adanya tim Marketing. Peran Tim Marketing secara umum adalah memasarkan produk (barang maupun jasa) agar dapat dikenal oleh target pelanggan khususnya dan masyarakat luas umumnya. Tujuan utama seorang tim marketing hanya sebatas memasarkan, sekali lagi diingat memasarkan. 

Namun terkadang kita menjumpai banyak peran marketing yang berdekatan dengan peran departemen lain seperti sales dan public relation. Pada perusahaan berskala besar biasanya fungsi tersebut dipisah, karena perusahaan menginginkan agar dapat memaksimalkan peran dan fungsi masing-masing departemen tersebut, namun pada skala bisnis yang lebih kecil sebagian masih menggabung peran marketing dengan sales dan public relation.

Seperti yang diterangkan sebelumnya jika tanggung jawab utama peran tim Marketing adalah memasarkan produk hingga dikenal oleh pelanggan. Di dalam prosesnya banyak unit yang terlibat untuk membantu mencapai target pemasaran secara bersama-sama. Nah, jika Anda masih bingung menentukan posisi dan fungsi unit tim marketing dalam bisnis Anda, berikut adalah penjelasan unit marketing apa saja yang harus ada di dalam bisnis Anda secara umum.

1. Marketing Manager 

Peran Marketing Manager memiliki bagian terbesar dari keseluruhan tim marketing, karena tugas seorang Marketing Manager adalah untuk memimpin dan bertanggung jawab terhadap seluruh proses kegiatan marketing agar target bisnis tercapai. Salah satu fungsi terpenting adalah menyusun strategi pemasaran yang efektif bersama tim sales. Karena tujuan strategi pemasaran biasanya selalu berorientasi terhadap pendapatan bisnis. Marketing Manager juga harus mampu membaca situasi pasar hingga mengidentifikasi peluang pasar baru untuk digarap. 

2. Digital Marketing

Pada zaman sekarang tidak lengkap rasanya jika tidak bersentuhan dengan platform-platform digital untuk memaksimalkan jangkauan pemasaran. Di era ini kita berhadapan dengan gaya Marketing 4.0 yaitu sebuah pendekatan marketing yang menggabungkan pemasaran secara online dan offline. Tugas utama seorang digital marketing adalah mampu membuat promosi yang efektif dan mampu mencuri perhatian pelanggan pada web dan social media. Efektif dalam hal ini adalah kekuatan informasi yang disampaikan harus tepat,  bermanfaat dan mudah dimengerti oleh pelanggan. 

Digital Marketing juga bertanggung jawab untuk terus menjadikan website bisnis Anda bersaing mendapatkan tempat teratas mesin pencarian, serta meningkatkan pelanggan melalui media sosial dan secara rutin menjalin komunikasi dengan para pelanggan. Tim digital marketing memerlukan strategi pembuatan konten yang kuat sesuai dengan gaya bisnis Anda, serta kepekaan terhadap apa yang sedang ramai diperbincangkan oleh pelanggan di dunia maya. 

3. Content & Copywriter

Keahlian memukau pelanggan melalui tulis menulis adalah bagian dari peran Content & Copywriter. Tim ini harus mampu menarik perhatian dan hati pelanggan melalui tata bahasa yang menarik, unik dan nyentrik. Tugas terpenting adalah membantu seluruh tim dalam membuat keperluan promosi melalui kata-kata, bisa berupa web artikel, tagline, pemberian nama event promosi, bahasa pada presentasi produk, hingga teks promosi pada iklan yang akan diterbitkan. Pekerjaan ini dibutuhkan kreatifitas dalam mengolah kata-kata. Jika Anda termasuk orang yang sering menulis blog dan aktif menggunakan media social mungkin ini adalah pekerjaan yang cocok untuk Anda. 

4. Marketing Communication

Lain hal dengan content & copywriter yang memiliki keahlian dalam tulis menulis, seorang Marketing Communication justru harus diisi oleh orang yang pandai dalam berbicara. Karena tugas utamanya erat dengan proses negosiasi, persuasif dan informatif secara langsung kepada pelanggan atau klien. Seorang Marketing Communication merupakan representatif dari bisnis Anda. Biasanya seorang Marcom memiliki tampilan yang menarik dan kemampuan bicara yang baik. Salah satu tugas terpenting mereka adalah menjaga agar alur komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan maupun klien dapat terjadi dengan baik. Seorang Marcom juga harus memiliki kemampuan negosiasi yang baik agar kerjasama yang terjalin dapat menguntungkan perusahaan dan klien.

5. Designer Team

Tugas utama Desainer Grafis adalah menerjemahkan informasi ke dalam tampilan visual. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kemampuan kreatif dalam mengolah elemen gambar menjadi tampilan yang menarik untuk dilihat oleh pelanggan. Tim Designer sangat dibutuhkan oleh seluruh departemen marketing, karena faktor keberhasilan suatu promosi salah satunya adalah tampilan desain yang menarik dari suatu produk.

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia