DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Tips Sukses Membuat Campaign yang Out Of The Box untuk Bisnis Anda

Tips Sukses Membuat Campaign yang Out Of The Box untuk Bisnis Anda

Apakah Anda mengetahui TVC dari brand Ramayana yang menampilkan sekumpulan ibu-ibu bernyanyi dengan kostum ala qasidahan? Iklan tersebut berhasil mencuri perhatian warganet dan berhasil menjadi trending topic pada platform twitter Mei 2018 lalu. 

Iklan yang berisi ajakan untuk belanja kebutuhan lebaran di Ramayana tersebut viral karena sentuhan konsep yang kreatif dan muncul dalam momen yang tepat. Lantas faktor apa yang menjadikannya begitu diminati oleh warganet? Mengapa iklan tersebut bisa sangat mengena di hati masyarakat?

Tentunya hal tersebut tak lepas dari ide kreatif yang dihasilkan oleh sekumpulan tim marketing dan video maker iklan Ramayana. Siapapun bisa menghasilkan ide yang out of the box untuk menarik hati pelanggan, namun tak semua mau berusaha untuk mewujudkannya. Berikut ini adalah tips sukses ala Ednovate agar bisa menghasilkan campaign yang out of the box.

Perbanyak Observasi

Lakukanlah observasi secara acak mengenai berbagai macam campaign yang pernah ada. Temukan hal paling menarik dari campaign tersebut lalu catat. Apa yang perlu menjadi catatan Anda adalah konsep campaign, target market, media placement campaign, serta moment yang berkaitan ketika campaign diluncurkan. Jadikan catatan Anda sebagai referensi untuk melakukan langkah selanjutnya.

Kenali Dulu Brand Anda

Jangan hanya silau dengan campaign dari brand lain, karena jenis campaign tersebut belum tentu cocok diterapkan untuk bisnis Anda. Anda perlu membuat perencanaan dasar tentang bisnis Anda dan brand Anda. Gampangnya Anda bisa membuat analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat) untuk mengenali posisi brand yang Anda miliki saat ini. 

Tentukan Objektif

Sebuah campaign harus memiliki target yang jelas dan terukur agar dapat ditentukan tingkat kesuksesannya. Jika tujuan Anda ingin memperluas branding Anda, maka tentukan pula ukuran keberhasilannya. Misalnya brand Anda ingin mendapatkan 2 juta impression pada social media, maka campaign Anda akan berhasil jika mendapatkan 2 juta impression. Dengan menentukan objektif keberhasilan campaign, maka Anda akan berusaha memaksimalkan usaha Anda untuk mencapainya.

Peka Terhadap Situasi Sosial

Anda harus pAndai menangkap moment agar campaign yang Anda buat lebih powerful. Banyak campaign sukses lahir pada saat yang tepat. Manfaatkan moment-moment seperti hari raya, hari peringatan nasional, hingga apa yang sedang banyak diperbincangkan oleh masyarakat dewasa ini. Hal tersebut akan lebih memiliki dampak emosional yang lebih baik kepada masyarakat, sehingga potensi campaign Anda mendapat perhatian sangatlah besar.

Cari Ide yang Belum Pernah Terpikirkan

Setelah Anda memiliki referensi, mengenal brand Anda, menentukan objektif dan mendapatkan target momentum, kini saatnya Anda memikirkan sentuhan yang berbeda dari hal yang belum terpikirkan oleh campaign yang pernah ada. Ide tersebut harus unik dan nyentrik namun harus tetap tersampaikan maksud dan tujuannya. Jangan karena mengutamakan hal unik dan nyentrik lantas pesan dari campaign yang Anda sampaikan menjadi bias. 

Berikut tadi adalah tips yang bisa kami berikan untuk Anda, saatnya mengeksekusi ide tersebut menjadi sebuah campaign. Eh tapi, jika Anda memiliki budget marketing berlebih dan merasa kesulitan dalam menyusun suatu strategi yang kreatif, Anda dapat bekerjasama dengan agency yang memiliki pengalaman dalam menjalankan campaign  kreatif. Semoga berhasil dan kami tunggu campaign kreatif Anda.

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia