DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Yuk Belajar dari Kisah Kegagalan dan Kesuksesan 5 Pengusaha Ini

Yuk Belajar dari Kisah Kegagalan dan Kesuksesan 5 Pengusaha Ini

Tak semua jalan menuju sukses bisa mulus seperti apa yang telah kita rencanakan. Banyak faktor dari  A sampai Z yang menerjang dan memberikan dinamika naik turun dalam menjalankan sebuah bisnis. Sebelum menemukan pulau emas, tak henti-hentinya mereka diterjang badai, karena pelaut yang hebat tak pernah lahir dari laut yang tenang, begitulah kira-kira kiasan yang pernah dialami oleh  5 pengusaha ini hingga akhirnya mereka menjadi salah satu pengusaha sukses abad ini. 

J.K Rowling Pernah Ditolak Belasan Kali oleh Penerbit Buku

Hasil karya imajinasi seorang J.K. Rowling pernah dianggap sebagai karya yang konyol dan tak menjual untuk industri literasi saat itu. Cerita tentang penyihir muda dengan masa lalu kelam dianggap tak bisa menjual dan tak mampu menghadirkan profit bagi penerbit. 

J.K Rowling pernah merasa bahwa dirinya adalah orang paling gagal di dunia. Hal itu ia rasakan di tengah perceraian dari usia perkawinannya yang baru menginjak usia 1 tahun, ditambah lagi harus mengurus putrinya yang masih bayi tanpa memiliki penghasilan apapun dan hanya hidup dari dana santunan pemerintah setempat. 

Dari kondisi peliknya hidup, pemilik nama lengkap Joanne Kathleen Rowling sadar bahwa meski ia tidak punya apa-apa, dia masih tetap hidup dan hal itu memotivasinya hingga ia benar-benar bisa fokus untuk menulis. 

Baginya, ketika Anda belum merasakan gagal, Anda akan takut membayangkannya, namun ketika Anda sudah berada pada titik kegagalan justru Anda akan sadar betapa kuatnya diri Anda, rasa takut akan memudar dan Anda akan mencurahkan seluruh energi Anda untuk berjuang hingga maksimal. Jadi, jangan pernah takut gagal.

Jack Ma Citra Gagal dari Kecil

Alibaba pada bulan Mei 2019 lalu tercatat menjadi perusahaan dengan valuasi terbesar di China. Siapa sangka seorang yang pernah gagal mengikuti tes masuk Sekolah Dasar sebanyak dua kali, mampu mendirikan startup raksasa Alibaba. 

Ya, beliau adalah Jack Ma. Ketika hendak masuk sekolah tingkat SMP, Jack Ma mengalami kegagalan hingga 3 kali, karena nilainya terlalu buruk. Jack Ma mengakui bahwa dirinya memang tak pernah menonjol secara akademis. Bahkan ia belajar bahasa Inggris dengan mendatangi hotel-hotel dan mencoba bercakap-cakap langsung dengan turis asing. 

Dalam keterbatasannya Jack Ma tidak pernah menyerah, ia selalu punya keinginan belajar dan terus mengembangkan diri. Bahkan ketika ia mendirikan Alibaba pada 1999, banyak penolakan yang dia terima dari setiap perusahaan yang ia datangi. Namun, perusahaan-perusahaan yang pernah menolaknya pasti menyesal, karena melihat kesuksesan Alibaba saat ini.

 Jeff Bezos Rugi Milyaran Dollar AS

Pendiri e-commerce Amazon, Jeff Bezos pernah mengambil keputusan yang salah dan membuat perusahaannya rugi hingga miliaran dollar. Tidak hanya sekali tapi berkali-kali ia salah dalam menentukan langkah untuk kemajuan Amazon. 

Salah satu keputusan yang pernah membuat Amazon menderita kerugian besar adalah ketika Jeff Bezos tak mau mendengarkan pendapat para Penasihat Eksekutif di Amazon. Pada tahun 1998 Jeff ingin mengembangkan layanan dalam memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli, dan ingin bersaing untuk melawan layanan lelang pada situs lain sehingga dia mengakuisisi Accept.me sebesar 175 juta USD. 

Keputusan tersebut bukanlah hal bijak, karena pesona e-bay jauh lebih unggul dibandingkan dengan sistem transaksi yang dimiliki oleh Amazon, sehingga keputusan tersebut menjadi sia-sia. Dari berbagai kegagalan tersebut Jeff Bezos belajar untuk fokus kepada Amazon dan inti dari bisnis Amazon sendiri. Diapun segera bermanuver untuk menyelamatkan Amazon, dan usahanya tersebut berhasil mengantarkan dirinya menjadi salah satu orang terkaya di Amerika.

Coloner Sanders Sukses di Usia Senja

Pendiri Kentucky Fried Chicken atau KFC, Harland David Sanders atau yang lebih tersohor dikenal sebagai Colonel Sanders ini memiliki kisah inspiratif sebagai pebisnis. Lahir dari keluarga petani dengan berbagai kepelikan hidup terutama dalam hal finansial, membuat Harland harus bekerja keras menghidupi keluarganya. 

Setelah menjalani karir sebagai angkatan darat, pada 1939 beliau membuka bengkel sambil berjualan ayam goreng pertamanya. Hal tersebut disambut baik sehingga melejitkan citra ayam goreng buatannya tersebut. Nama Colonel Sanders disematkan oleh sang Gubernur di North Corbin, Kentucky, berkat citranya mantan seorang angkatan darat yang piawai mengolah Ayam Goreng. 

Pada tahun 1940 ia menyelesaikan resep ayam gorengnya. Namun saat perang dunia II pada tahun 1941, bisnis ayamnya jatuh akibat penjatahan gas yang dilakukan oleh pemerintah. Berkutat dengan keterbatasan tersebut Colonel Sanders berinisiasi membuka jaringan Waralaba yang akhirnya dibeli oleh Pete Harman dan menjadi salah satu restoran terbesar di Utah. Dari sinilah lahir nama Kentucky Fried Chicken yang diambil berdasarkan asal muasal resep ayam goreng nikmat ini diciptakan. Baru pada 75 tahun Colonel Sanders menyaksikan kesuksesan bisnisnya, di usia yang tak lagi muda akhirnya Colonel Sanders menjual bisnis ayamnya kepada investor pada tahun 1960-an. 

Bob Sadino Sekolah di Eropa Hingga Menjadi Kuli di Negeri Sendiri

Pebisnis asal Indonesia yang terkenal dengan prinsip bisnis nyelenehnya ini punya segudang kisah inspiratif yang bisa menjadi pelajaran. Sepulangnya berkarir di benua eropa, Om Bob hanya memiliki dua mobil mercedes, salah satunya dia jual dan satunya lagi digunakan untuk menjalani profesi sebagai taksi gelap. 

Namun naas, beliau mengalami kecelakaan hingga mobilnya hancur. Beliau pun bermanuver menjadi kuli bangunan. Demi meniti kembali kehidupanya, Mendiang Bob Sadino tidak pernah putus akal, ia pun memutuskan untuk berjualan Telur Ayam Negeri. Berkat kepiawaiannya berbahasa inggris akhirnya banyak pelanggannya yang berasal dari kalangan asing. Bisnisnya pun bersinar berbagai produk bahan baku makanan ia lakoni hingga mendirikan supermarket organik Kem-Chick.

EDNOVATE

Ednovate is a group of companies that provides integrated business solutions
for entrepreneurs in Indonesia.

Address

Jl. Mayjen D. I. Panjaitan Kav. 73, Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, 13410

Contact

Office Hour

Monday – Friday
09.00 – 18.00

JADWAL TRAINING KAMI

2019 – All Rights Reserved – (c) PT. Ednovate Indonesia